Forum GenRe Lingga Ajak Masyarakat Mengenal Penularan HIV AIDS

KBRN, LINGGA : Forum Generasi Berencana atau GenRe Kabupaten Lingga mengajak masyarakat lebih tahu, bagaimana cara mengenal dan menanggapi virus HIV AIDS.

Ketua Forum GenRe Lingga, Muthiah Raihana Corana menjelaskan, bahwa HIV merusak sistem kekebalan tubuh, yang membuatnya tidak dapat melawan penyakit keras maupun ringan.

"AIDS terjadi bila tubuh tidak bisa lagi melawan infeksi karena perkembangan HIV," kata Muthiah, Sabtu (4/12/2021)

Menurutnya, ada banyak kesalahpahaman yang terjadi di kalangan masyarakat umum, mengenai tumbuh dan berkembang atau metode penularan dari penyakit istilah ODHA ini.

Gadis yang merupakan pengurus PIK-R ini menjelaskan, seperti berjabat tangan, berpelukan, menggunakan peralatan makan bersamaan membuat masyarakat menilai virus ini akan menular.

"Padahal HIV/AIDS hanya dapat menular melalui beberapa cara, seperti melalui darah, berhubungan seks berisiko, dan bisa melalui ASI," sebutnya.

Duta GenRe Lingga ini menjelaskan, ada beberapa cara yang digunakan untuk mencegah penyakit HIV/AIDS agar tidak menular.

Ia menyebutkan beberapa pencegahan itu, di antaranya tidak melakukan hubungan seksual berisiko dan setia pada satu pasangan seksual merupakan salah satu kuncinya.

Selain itu, menggunakan kondom saat berhubungan seksual dan tidak menggunakan narkoba, juga mencegah agar virus ini tidak menyerang tubuh manusia.

"Berhati-hati dengan peralatan yang berisiko membuat luka dan digunakan secara bergantian," tambahnya.

Namun begitu, Muthiah mengajak masyarakat agar jangan menakuti atau menjauhi penderita HIV AIDS atau ODHA.

Menurutnya, ODHA perlu dukungan dan motivasi untuk menjalani hidup, meskipun harapan kesembuhan yang tipis.

"ODHA adalah mereka yang wajib kita rangkul, meskipun dalam keadaan terpukul mereka butuh gandengan tangan kita untuk bertahan dalam bahagia dan waktu yang lama," ucapnya.

Ia berharap, semoga masyarakat lebih bisa memaknai bagaimana perkembangan HIV AIDS di tengah-tengah masyarakat.

"Menjauhi virusnya bukan berarti mengucilkan ODHA-nya," tutupnya (WN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar