Jelang Idul Adha 1443 H, Harga Cabai Merah Mulai Meroket

KBRN, Bintan : Sepekan jelang Idul Adha 1443 H, harga sejumlah kebutuhan pokok dan penting lainnya mengalami kenaikan di pasar tradisional Kawal, kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

" Yang mulai naik itu cabai dan sayur mayur," terang seorang pedagang sayur di pasar Kawal, Cici, Senin (4/7/2022).

Dalam satu hari harga cabai merah mengalami peningkatan, sebelumnya Sabtu (2/7) lalu, masih dikisaran Rp. 105 ribu perkilogram, pada Senin (4/7) menjadi Rp. 110 ribu perkilogram. Sedangkan cabai hijau Rp. 75 ribu perkilogram dan cabai rawit Rp. 96 ribu perkilogram. 

Naiknya harga cabai merah ini tidak hanya dikeluhkan konsumen saja akan tetapi juga dari kalangan pedagang di Pasar Kawal. Alasan dari agen, naiknya harga cabai karena didaerah penghasil gahal panen.

" Kami sih dengar begitu, karena didaerah penghasil cabai di Jawa dan Medan itu gagal panen," jelasnya.

Dengan kondisi saat ini, ia hanya mampu mengambil paling banyak 5 kilogram cabai merah dari agen. Jika terlalu banyak, resikonya terlalu berat, dikhawatirkan cabai tidak habis maka akan busuk.

" Tak berani kita ambil banyak. Nanti kalau tak habis, rugilah kami pedagang. Karena cabai cepat busuk kalau sehari tak habis," tukasnya.

Sementara, harga sayur mayur yang mulai naik signifikan, antara lain, Bayam 1 Kg, Rp. 18 ribu, sebelumnya dikisaran 8 ribu/Kg. Kemudian, sayur Kangkung dari Rp. 8 ribu perkilogram menjadi Rp. 14 ribu perkilogram. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar