Pertumbuhan Ekonomi Bintan Melambat -4,28%

KBRN, Bintan: Plt Bupati Bintan mengungkapkan, Pandemi Covid-19 menyebabkan sektor ekonomi masyarakat  Bintan mengalami keterpurukan.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bintan mengalami perlambatan hingga -4,28%, sedangkan realisasi Pendapatan asli daerah pada tahun 2020 hanya menyentuh Rp.178 Milyar.

“Hal tersebut berbanding jauh dari tahun 2019 yang mampu mencapai Rp.372 Milyar,” ucap Roby Kurniawan Rabu (20/10/2021).

Dikatakan Roby, hal ini juga turut dipengaruhi oleh penurunan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2020 hanya 202 ribu kunjungan dari tahun 2019 mencapai 1,3 Juta Kunjungan.

“Kita tengah melakukan terobosan-terobosan baru dan menargetkan pada akhir tahun nanti perekonomian di Kabupaten Bintan dapat pulih kembali,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan Ardiansyah sebelumnya menjelaskan, untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bintan ada beberapa strategi yang dilakukan pemerintah dalam sektor pariwisata.

“Mempercepat vaksinasi, mengadakan sertifikasi CHSE untuk objek wisata di Kabupaten Bintan, memberikan penghapusan sanksi administratif pajak daerah kepada seluruh wajib pajak, menguatkan sektor pariwisata berbasis masyarakat,” pungkas Ardiansyah. (rn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00