Harga Emas Menurun, Transaksi Stagnan

KBRN, Tanjungpinang : Harga emas yang cenderung turun dalam sepekan ini, tidak memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan transaksi emas di unit cabang pegadaian Bukit Bestari Kota Tanjungpinang. 

Dijelaskan oleh Ruli Ibrahim Nasution yang merupakan Pimpinan cabang pegadaian Bukit Bestari Kota Tanjungpinang bahwa harga emas antam sendiri sekarang bergerak sangat fluktuatif dari tahun 2020 lalu. Namun jumlah transaksi justru tidak mengalami peningkatan. 

"Transaksi kita cenderung stabil saja tidak ada peningkatan, walaupun harga emas antam menurun," ucap Ruli pada Senin (18/10/2021). 

Saat ini harga emas batangan Antam sendiri dijual dengan harga Rp951.000,-. Menurut Ruli harga ini cenderung turun dibanding dengan tahun lalu di bulan yang sama hampir mencapai Rp1.000.000,-. 

"Kalau dibandingkan dengan tahun lalu emas antam ini harganya cenderung menurun, namun kalau kita bandingkan dari Juni hingga sekarang, harganya justru stagnan," ucap Ruli lagi. 

Menurutnya kesadaran masyarakat Tanjungpinang untuk berinvestasi emas masih sangat minim. Dijelaskannya selama pandemi, cukup banyak yang melakukan penggadaian, ataupun membayar gadainya untuk kemudian dijual kembali. 

Sementara itu transaksi emas di salah satu toko emas saat ini cenderung mengalami peningkatan. Dikatakan Rizal, pemilik toko emas di Jalan Gambir Tanjungpinang, bahwa sejak PPKM turun ke level 3, jumlah transaksi emas kembali mengalami peningkatan. 

"Sejak dua bulan ini transaksi kita naik. Terutama saat weekend," ujar Rizal. 

Untuk harga sendiri Rizal mengatakan ada penurunan harga yang terjadi selama sepekan belakangan ini, yakni untuk emas dengan kadar 24 karat minggu lalu itu harganya sekitar Rp818.000,- namun hari ini harganya turun menjadi Rp808.000,-. 

"Emas 24 karat sendiri terjadi penurunan harga sekitar Rp10.000,-, tambah Rizal. 

Meskipun begitu, kenaikan transaksi ini terjadi lebih disebabkan oleh PPKM di kota Tanjungpinang yang mengalami penurunan level. 

"Sejak kita ada di level 3 transaksi kita cenderung mengalami peningkatan. Apalagi waktu mau PTM di sekolah, itu transaksi jual kami meningkat," tutup Rizal. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00