Pentingnya Edukasi Investasi

KBRN, Tanjungpinang : Kesadaran investasi masyarakat terutama anak muda yang mulai meningkat di Indonesia sudah seharusnya dibarengi dengan kesadaran edukasi pengelolaan keuangan dan pengenalan tentang investasi.

Pentingnya pengenalan investasi ini cukup penting, mengingat investasi yang salah akan menimbulkan kerugian keuangan bagi masyarakat. Satriadi selaku pengamat ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kota Tanjungpinang mengaku edukasi sebelum masuk ke dalam dunia investasi merupakan hal sangat penting.

“Menurut saya edukasi itu cukup penting sebelum melakukan investasi. Kita harus tahu, investasi apa yang sedang kita lakukan, apa yang kita beli”, ujarnya.

Melakukan investasi dengan aman dapat dimulai dengan mempelajari tingkat resiko instrument investasi. Beberapa diantaranya memiliki resiko yang cukup tinggi, sedang, dan resiko rendah. Yang lebih penting kita tergiur dengan investasi bodong yang menawarkan return tinggi, namun berakhir dengan penipuan.

“Kasus penipuan yang berkedok investasi ini sudah cukup banyak ya, jangan sampai kita menjadi salah satunya”, tambahnya lagi.

Kasus-kasus penipuan ini yang membuat masyarakat cukup pesimis dengan yang disebut investasi. Sehingga edukasi yang terkait investasi ini juga lebih baik jika mengenalkan resiko-resiko terkait investasi.

“Dalam dunia investasi itu biasanya jika kita memiliki modal yang besar, maka return yang kita dapat juga besar. Namun masyarakat juga harus mengetahui resiko yang membayanginya.” Tambah Satriadi.

Dirinya menambahkan bahwa pengenalan investasi kepada anak muda saat ini memang ada dalam kurikulum belajar perguruan tinggi. Namun itu semua hanya sebatas teori, dan kebanyakan para mahasiswa tidak terlalu memahami investasi terutama yang berkaitan dengan invstasi pasar modal. (Yn/Rb)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00