Wacana Pajak Sembako, Disperindag Siap Ambil Langkah Antisipasi Kenaikan Harga

KBRN, Tanjungpinang : Wacana pemerintah tentang sembako yang akan dikenakan pajak telah beredar di tengah-tengah masyarakat dan menuai beragam penolakan. Disperindag Provinsi Kepri dalam dialog RRI pagi menegaskan bahwa Disperindag siap mengambil langkah untuk melakukan monitor harga di lapangan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau Ir .H. Burhanuddin M.S.i mengatakan dirinya akan terus memonitor perkembangan harga yang ada di pasar. 

“Dengan adanya wacana ini kami akan bekerja sama dengan Kabupaten/Kota juga Satgas Pangan untuk melakukan monitor harga dan siap mengambil sikap jika ada kenaikan”, Ujar Burhanuddin.

Dirinya mengaku akan mengirimkan surat kepada daerah dan juga satgas pangan untuk melakukan pengawasan harga. Pengawasan ini dilakukan dengan sidak pasar dan gudang-gudang bahan makanan. Sehingga nantinya dapat diketahui penyebab kenaikan harga yang terjadi. 

Dirinya juga menegaskan bahwa meskipun nantinya akan ada penambahan pajak untuk sembako, pemerintah akan tetap mengusahakan bagimana harga yang ada di pasar tetap stabil. 

“Meskipun nantinya akan ada pemberian tarif pajak bagi sembako kita akan mengupayakan bagaimana harga itu tetap berada di bawah harga yang ditetapkan pemerintah. Stok barang mencukupi, dan distribusi tetap lancar”, tambahnya lagi.

Sementara itu dirinya juga mengatakan bahwa penyebab kenaikan harga di pasar memililki alasan yang bermacam-macam. Kenaikan harga bisa dipicu oleh cuaca, faktor alam, dan juga factor distribusi. Dan wacana ini juga belum disahkan oleh pemerintah, karena memang kondisi ekonomi kita saat ini yang pulih akibat pandemic. (Yn/Rb)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00