Kanwil Kemenkumham Kepri Terima Award Kanwil Inovatif 2020

KBRN, Bintan : Kanwil Kemenkumham Kepri menerima Penghargaan Langsung Dari Menteri Hukum Dan HAM RI, sebagai Kanwil Inovatif Penyelenggaraan Bantuan Hukum tahun 2020. 

Prestasi ini dikarenakan Kanwil Kemenkum Ham Kepri, dinilai berhasil menciptakan aplikasi  System Elektronik Paralegal Masyarakat (SEPAKAT). Melalui aksi perubahan Diklat kepemimpinan Kepala Subbidang Penyuluhan Hukun, Bantuan Hukum JDIH, Rosiana Evlin Walewangko.

" Semoga prestasi ini bisa ditingkatkan dan lebih baik di tahun-tahun mendatang," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Husni Thamrin, Jum'at (26/2/2021).

Dikatakan, aplikasi SEPAKAT ini merupakan inovasi pembinaan dan pelaporan digital pertama se-Indonesia dalam mendukung kegiatan paralegal masyarakat, yang saat ini dipergunakan paralegal desa di Kabupaten Bintan. 

Hal ini merupakan strategi terbaik dalam mewujudkan Access to Justice di Kepri yang memiliki karakteristik demografi masyarakat yang tersebar di banyak pulau dan terbatasnya jumlah organisasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang terakreditasi.

" Kanwil Kemenkumham Kepri optimis dengan hadirnya paralegal masyarakat yang dibina oleh LBH terakreditasi dan kerja sama pemerintah daerah, mampu membawa peningkatan bantuan hukum dan keadilan bagi masyarakat kurang mampu," imbuhnya.

Kepala Subbidang Penyuluhan Hukun, Bantuan Hukum JDIH, Rosiana Evlin Walewangko, menambahkan aplikasi SEPAKAT merupakan hasil kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Kepri dengan STT Indonesia Tanjungpinang.

" Kami juga berkolaborasi bersama dengan STT Indonesia, semoga upaya ini bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00