Ketat Patuhi Prokes, Belum Ada Laporan Siswa dan Guru Terpapar Covid-19

KBRN, Tanjungpinang; Ketat melaksanakan protokol kesehatan di seluruh sekolah dan jenjang pendidikan di Kabupaten Lingga. Hasilnya, lebih kurang 22 hari proses belajar mengajar tatap muka digelar tidak satu pun siswa atau guru yang terpapar virus Covid-19.

“Alhamdulillah, para siswa dan guru belum ada yang terpapar virus, sejak 4 Januari kemarin kita laksanakan pembelajaran belajar tatap muka,” Kata Junaidi Adjam Kadisdik Lingga, Selasa (26/1/2021)

Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Lingga Junaidi Adjam mengatakan, Syarat utama pembelajaran tatap muka adalah wajib memenuhi semua fasilitas penunjang protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Satuan pendidikan yang diperbolehkan bagi yang telah memenuhi daftar periksa oleh komite terkait kepatuhan prokes covid-19,”katanya

Ketersediaan sarana penunjang protokol kesehatan yang harus dimiliki satuan pendidikan, seperti sarana tempat cuci tangan, sabun atau hand sanitizer dan setiap minggu sekali sekolah disemprot disinfektan serta seluruh siswa, guru wajib mengenakan masker, dan alat pengukur suhu tubuh. “Dari mulai masuk pintu pagar sekolah sudah steril dalam kepatuhan prokes covid-19,”Ujarnya

Dijelaskan Junaidi, Agar semua peserta didik mendapatkan kesempatan untuk belajar, maka jumlah dari peserta didik dan jam belajar dilakukan dengan sistem penggiliran (shift) sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

“Jumlah siswa dalam kelas dibatasi maksimal 18 orang, waktu belajat selama 2 hingga 3 jam. Tidak ada jam istirahat serta kegiatan olahraga,”Jelasnya

Lebih lanjut ia mengatakan, Selama masa Pandemi Covid-19 Disdik Lingga terus mengawasi dan melakukan pemantauan terhadap proses belajar mengajar tatap muka yang yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Kita tetap awasi dan lakukan pemantauan terus sekolah-sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka baik dari tingkat TK, SD hingga SMP di Lingga,” Lanjutnya.

Dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lingga, Disdik Lingga mengimbau seluruh peserta didik dan orang tua untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna menghentikan penyebaran virus corona.

“Kita harapkan orang tua tetap disiplin memperhatikan anaknya mematuhi protokol kesehatan,” Pungkasnya.(RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00