BMKG Lingga; Waspadai Angin Kencang Dari Utara Menuju Timur Laut

KBRN, Tanjungpinang; Angin kencang hingga saat ini masih melanda wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG memantau masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Kabupaten Lingga dalam tiga hari ke depan.

Kepala BMKG Lingga Sahat Pasaribu mengatakan, angin kencang tersebut berpengaruh pada ketinggian gelombang laut.

“Untuk curah hujan diperairan singkep selatan, kemudian beberapa hari kedepan beberapa aerah di lingga cerah berawan hingga tangal 29 Januari,” kata Sahat Pasaribu, Selasa (26/1/21)

Dijelaskan Sahat, dari perkiraan yang dikeluarkan BMKG pada tanggal 26 Januari hingga 29 Januari 2021 terdapat curah hujan, potensi gelombang  rendah (0.25 – 1.25 Meter), Kecepatan angin 9 – 31 km/jam,  Pola angin di wilayah Lingga umumnya dari Utara ke Timur Laut.

“Waspadai angin kencang yang sewaktu-waktu datang, untuk tinggi gelombang  bisa mencapai 2 meter,”Jelasnya

Dampak angin kencang juga harus diwaspadai masyarakat nelayan tradisonal yang menggunakan perahu kecil ketika hendak mencari ikan di laut. Upayakan ketika pergi melaut mengutamakan keselamatan seperti menyiapkan pelampung keselamatan dan lain sebagainya.

“Dengan angin kencang yang terjadi, BMKG mengimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan, terutama daerah yang rawan kebakaran lahan dan hutan,”Pungkasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00