Pergi Melaut, Nelayan Lingga Diminta Waspadai Ancaman La Nina

KBRN, Tanjungpinang; Nelayan di Kabupaten Lingga diimbau waspada ketika melakukan aktivitas melaut ditengah ancaman La Nina yang dapat terjadi sewaktu- waktu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lingga Wandi mengatakan, La Nina berpotensi akan menimbulkan angin kencang, curah hujan tinggi dan gelombang tinggi yang terjadi secara tiba-tiba, sehingga berpotensi membahayakan para nelayan.

“La nina dalam kurun waktu lima tahun ini sangat berbeda, ketika air pasang besar cuaca gampang ribut, jadi setiap pergi melaut tetap berhati-hati,” kata Ketua HNSI Lingga Wandi ketika dikonfirmasi Reporter RRI, Senin (23/11/2020)

Ia menjelaskan, terkait kondisi ini pihaknya telah mengeluarkan imbauan melalui grup whatsApp mengingatkan mengenai potensi La Nina. Dalam peringatan tersebut, Wandi juga meminta kepada para nelayan untuk membawa alat komunikasi.

“Kita minta selalu membawa alat komunikasi, jika dirasa membahayakan segera pulang merapat kedarat dan jangan terlalu jauh pergi melaut,”Jelasnya

Meski demikian, masih ada beberapa nelayan yang tetap melaut tetapi hanya dilakukan pada pagi dan malam hari untuk mancing ikan karang dan sotong.

Dia mengatakan saat hujan dan badai, nelayan tidak hanya berisiko terkena hujan dan angin kencang tetapi juga proses penjaringan ikan tidak berjalan dengan baik. Disinggung mengenai hasil tangkap nelayan di masa pancaroba yang terjadi saat ini, Wandi menyebutkan bahwa Pergantian musim yang sedang terjadi membuat hasil tangkapan nelayan Kabupaten Lingga berkurang.

“Kalau nelayan tradisional cara menangkapnya sederhana, saat hujan ini akan sulit dilakukan otomatis hasil tangkapannya tidak optimal,” Sebutnya

Para nelayan diminta untuk terus update data terbaru informasi cuaca, agar tidak turun ke laut ketika gelombang tidak bersahabat yang dapat membahayakan nyawa.

“Informasi ini sangat penting. Untuk itulah kita berharap nelayan sebelum melaut terlebih dahulu melihat informasi soal cuaca dan iklim. Kami ucapkan terima kasih juga kepada jajaran polairud selalu update mengirimkan perkiraan cuaca,” tutupnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00