Terakreditasi KAN, Laboratorium Karantina Pertanian Tanjungpinang Jamin Kualitas

KBRN,Tanjungpinang; Salah satu bukti komitmen dalam menjamin kualitas hasil pengujian laboratorium karantina hewan dan karantina tumbuhan, Balai Karantina Pertanian Tanjungpinang berhasil meraih sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang Drh. Raden Nurcahyo Nugroho, M.Si mengatakan, Sebagai komitmen menjamin kualitas pengujian laboratorium karantina tumbuhan dan karantina hewan di Karantina Pertanian Tanjungpinang, Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah melakukan serangkaian kegiatan asesmen dalam proses re-akreditasi yang dilaksanakan pada tanggal 22 - 24 April 2020.

“Indonesia telah mengadopsi ISO/IEC 17025 : 2008 menjadi ISO/IEC 17025 : 2017 sebagai persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi melalui Badan Standarisasi Nasional (BSN) pada tahun 2017,”kata Raden Nurcahyo Nugroho Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang Rabu (30/9/2020)

Dijelaskan Raden, Proses asesmen mencakup  persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh laboratorium sebagai standar untuk memperoleh pengakuan oleh KAN, sebagai satu-satunya lembaga akreditasi di Indonesia yang berwenang melakukan akreditasi dan sudah diakui oleh negara-negara kawasan Asia Pasifik.

"Raihan sertifikasi dari KAN ini adalah bukti komitmen kami dalam menjamin kualitas hasil pengujian laboratorium karantina hewan dan karantina tumbuhan di Karantina Pertanian Tanjungpinang", Jelasnya

Raden menyebutkan, bahwa Laboratorium Karantina Pertanian Tanjungpinang sudah terakreditasi sejak tahun 2016 dengan 2 (dua) ruang lingkup Deteksi Brucella sp dan Identifikasi Morfologi Tribolium castaneum.

“Tahun ini Laboratorium Karantina Pertanian Tanjungpinang telah berhasil mempertahankan status akreditasinya sekaligus melakukan penambahan ruang lingkup berupa Deteksi Titer Antibodi Avian Influenza untuk bahan uji darah unggas dengan metode HA HI dan Identifikasi Morfologi  Bactrocera umbrosa untuk bahan uji buah-buahan,”Sebutnya

Dengan diterbitkannya sertifikat akreditasi KAN ini membuktikan kompetensi pengujian Laboratorium Karantina Pertanian Tanjungpinang semakin meyakinkan, baik secara administratif maupun teknisnya. (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00