Bawaslu-KPPAD Teken MoU Cegah Anak Dijadikan Alat Politik Dalam Pilkada

KBRN, Tanjungpinang; Bawaslu dan KPPAD menandatangani nota kesepahaman selamatkan anak dari eksploitasi politik, Senin (21/9/2020). MoU ini untuk mewujudkan pilkada di Kabupaten Lingga yang ramah anak.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Bawaslu Lingga Zamroni dan Ketua KPPAD Encik Afrizal di Kantor Bawaslu Lingga Daik Lingga.

Ketua Bawaslu Zamroni mengatakan MoU ini merupakan upaya Bawaslu dan KPPAD untuk menyelamatkan anak di Kabupaten Lingga dari eksploitasi politik. Sebab, anak sering dieksploitasi untuk kepentingan politik praktis.

“MoU ini salah satu upaya kita menyelamatkan anak dari eksploitasi politik,,” kata Zamroni

Dikatakan Zamroni, mengacu pada Pasal 15A UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari penyelenggaraan politik. Hal itu harus direalisasikan dengan baik.

"Karena selama pilkada tidak menutup kemungkinan adanya pelanggaran mengenai melibatkan anak di dalam kampanye"Ujar Zamroni

Menurut Zamroni, Bawaslu sadar masalah yang akan dihadapi dalam melakukan pengawasan Pemilu tidaklah mudah sehingga diperlukan sinergi dengan lembaga lain.

“Dengan sinergi bersama-sama kita berharap pelanggaran pemilu bisa ditekan,” Imbuhnya

Sementara itu Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Lingga Encik Afrizal meminta para peserta Pemilu untuk tidak melibatkan anak-anak saat kegiatan kampanye.

“Kita berusaha melakukan pencegahan, agar tidak ada peserta pilkada melibatkan anak-anak yang bukan ada hak pilihnya,” kata Encik Afrizal

Encik juga mengatakan, pelibatan anak-anak dalam kegiatan kampanye merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. 

“Bahwa kebanyakan orang tua saat ini tidak menyadari besarnya risiko ketika memutuskan membawa anak-anak berkampanye. Harapan kita di pilkada 2020 ini tidak ditemukan keterlibatan anak dalam politik praktis,” Pungkasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00