Cegah Penyebaran Covid-19, Polda Kepri Imbau Warga Tunda Resepsi Pernikahan

KBRN, Tanjungpinang; Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt meminta agar warga menunda berbagai kegiatan yang dihadiri banyak orang. Bahkan, acara resepsi pernikahan juga diimbau agar ditunda.

“Sesuai dengan maklumat bapak Kapolri dan anjuran pemerintah kita minta kepada seluruh masyarakat di kepri untuk menunda semua kegiatan yang mengundang orang banyak, juga resepsi pernikahan,” kata Kombes Pol Harry Goldenhardt, Kabidhumas Polda Kepri, Senin (23/3/2020)

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.I.K  Kepala Bidang Kehumasan (Kabidhumas) Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si. kepada RRI mengatakan,  Sesuai maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Setiap kegiatan yang mendatangkan banyak orang terlebih dahulu dapat ditunda, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Masyarakat kita minta patuh, dimana ini merupakan situasi tanggap darurat corona. Dimana diperlukan kerjasama memutus penyebarannya,”katanya

Tujuannya, untuk mencegah penularan  virus corona atau Covid-19. Pasalnya,  sebut Harry, dengan interaksi atau kontak langsung dengan orang lain merupakan cara termudah untuk menularkan virus mematikan dari China ini.

“Tunda lebih dahulu kegiatan resepsi, Jika memang harus dilaksanakan. Pihak penyelenggara harus mematuhi protokol kesehatan,”Sebutnya

Harry memberikan lima catatan khusus persyaratan kesehatan  yang harus dilakukan kepada pihak atau penyelengara, yakni:

  1. Kegiatan tersebut tidak boleh lebih dari 100 orang
  2. Harus ada petugas pemeriksa suhu tubuh para tamu yang hadir
  3. Harus ada ruang isolasi bagi tamu yang bila ditemukan tidak sehat
  4. Sediakan cairan pembersih (hand sanitizer) atau sabun, Masker

  5. Pihak penyelenggara harus memastikan pembatasan jarak antara satu orang dengan yang lainnya (Lakukan interaksi tidak bersentuhan)

Ia menegaskan agar imbauan ini menjadi perhatian khusus. Dan penyelenggara tidak meremehkan risiko yang ditimbulkan penularan Covid-19.

“Pastikan memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan. Pihak penyelenggara juga harus mendapat izin dari RT/RW dan pihak keamanan setempat,” tegasnya

Harry juga mengajak masyarakat provinsi  Kepri untuk bersatu memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta peduli dan meningkatkan kesadaran akan bahaya virus yang mematikan.

“Mari kita cegah virus corona dengan menunda kegiatan yang mengundang keramaian dan lakukan pembatasan sosial,”pungkasnya.(RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00