Bawaslu Perpanjang Pendaftaran Panwascam 3 Kecamatan di Lingga

KBRN, Tanjungpinang; Bawaslu Lingga melakukan masa perpanjangan pendaftaran untuk calon anggota Panwascam di 3 kecamatan yakni Posek,Katang Bidare dan Singkep Selatan. Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan karena jumlah pendaftar yang memenuhi syarat administrasi kurang dari ketentuan minimal yakni 6 orang.

Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga Zamroni, SH, MH kepada RRI mengatakan, bahwa bawaslu  melakukan masa perpanjangan pendaftaran dikarenakan di tiga kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar, sesuai juknis bagi kecamatan yang belum memenuhi kuota maka dilakukan perpanjangan adapun kecamatan tersebut yaitu Posek,Katang Bidare dan Singkep Selatan.

“ada 3 kecamatan yang hingga saat ini belum memenuhi syarat administrasi yakni kurang dari ketentuan minimal 6 orang tiap kecamatan,”Kata Zamroni, Rabu (4/12/2019)

Dijelaskan Zamroni, Jarak tempuh menjadi kendala utama dalam perekrutan anggota panwascam di Kabupaten Lingga, meski demikian pihaknya akan mencoba mendatangi 3 kecamatan itu. Masa penerimaan berkas masa perpanjangan mulai tanggal 6-10 Desember. Pendaftaran dibuka tiap hari termasuk Sabtu dan Minggu di Kantor Bawaslu Kabupaten Lingga.

“geografis yang dipisahkan lautan dan jarak tempuh yang jauh menjadi kesulitan, namun kita nanti akan jemput bola,” jelasnya

Zamroni mengungkapkan, hingga hari ini pihaknya telah menerima 107 pendaftar yang telah melengkapi syarat dengan rincian 92 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Zamroni berharap para pendaftar mencapai target untuk kebutuhan seleksi.

“jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak terpenui, maka akan tetap dilanjutkan ketahapan selanjutnya,”ungkapnya

Meski diperpanjang, Zamroni memastikan, tes tertulis tetap digelar pada 13-17  Desember 2019 mendatang. Tes tertulis tersebut akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Zamroni juga mengatakan, Bahwa metode ini sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi.

“tes tertulis tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal pada tangga 13 hingga 17 desember mendatang,”tutupnya

Untuk pengumuman calon terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2019 dan pelantikan pada tanggal 22 Desember 2019. Panwascam nantinya disebar ke 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. Setiap kecamatan bakal diisi oleh tiga panwascam yang bertugas mengawasi jalannya Pilkada 2020 mendatang.(RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00