Nakes Di Kota Tanjungpinang Mulai Booster Kedua

KBRN, Tanjungpinang: Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mulai memberikan vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua atau vaksin keempat bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanjungpinang Elfiani Sandri menyampaikan, vaksin booster kedua dilaksanakan setelah menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan supaya mendukung pelaksanaan vaksin booster kedua.

"Minggu ini sudah berjalan," ucap Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Elfiani Sandri saat dihubungi, Senin (08/08/2022).

Ia menyampaikan, ada sekitar 2.844 orang nakes yang menjadi sasaran vaksin booster kedua. Untuk awal, pihaknya memprioritaskan nakes yang bertugas tiga rumah sakit di Kota Tanjungpinang.

"Hari ini jadwal RSUD Provinsi ada pelaksanaan booster kedua. Sebelumnya hari Jumat juga sudah melaksanakan di Puskesmas Melayu Kota Piring," ujarnya.

Jenis vaksin yang digunakan, lanjutnya, menyesuaikan dengan jenis vaksin yang digunakan pada booster pertama. Sedangkan nakes penerima vaksin harus minimal enam bulan dari vaksin booster pertama.

"Sebelum vaksin mereka harus mendaftar dulu, jadi biar kita siapkan vaksin untuk berapa orang yang disuntik," ujarnya.

Elfiani Sandri menambahkan, vaksin booster kedua untuk nakes dilaksanakan untuk meningkatkan herd immunity yang sudah terbentuk. Karena nakes secara langsung berhubungan dengan masyarakat.

"Karena tenaga kesehatan berhadapan langsung dengan masyarakat, otomatis dengan jangka waktu enam bulan ini mengalami penurunan herd immunity, kita tingkatkan lagi kekebalan tubuhnya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar