Koramil 06/Senayang Bentuk Kampung Pancasila di Kelurahan Senayang Kabupaten Lingga

Berita Release Kodim 0325/Tanjungpinang Tanggal 7 Agustus 2022

KBRN, Tanjungpinang ; Koramil 06/ Senayang bersama Perangkat Kelurahan Senayang dan Para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat dalam membentuk Kampung Pancasila di Kelurahan Senayang, Kabupaten Lingga, Sabtu (6/8/2022).

Pada kesempatan itu, Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson melalui Danramil 06/Senayang Kapten Inf Tomson Rajagukguk mengatakan, pendirian Kampung Pancasila sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI AD yang ditindaklanjuti oleh Komandan Satuan. Dan sesuai instruksi, setiap Koramil harus membentuk Kampung Pancasila diwilayah binaan. 

"Dan tujuan pendirian Kampung Pancasila ini untuk mengingat kembali, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Keberadaan Kampung Pancasila ini bisa menjadi sarana menambah wawasan atau pengetahuan warga khususnya generasi muda”, jelas Danramil.

Lebih lanjut dikatakannya, pemilihan Kelurahan Senayang sebagai Kampung Pancasila, dikarenakan warga masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai Pancasila, seperti sikap toleransi antara umat beragama dengan Pelestari Adat serta sikap dan semangat gotong royong.

Sementara Lurah Senayang, Soetowo S.Pd mengatakan bahwa sikap kegotongroyongan dan kekompakan warganya memang luar biasa. Hal ini, tentunya, tidak terlepas dari peran dan kerjasama Tiga Pilar, yakni Lurah Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pun demikian, lanjutnya, silaturahmi antar tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terjalin sangat baik. Termasuk dalam memelihara Kamtibmas melalui Pos Kamling, dan lain-lainnya.

“Kami atas nama Masyarakat Senanyang mengucapkan terima kasih kepada Danramil Senayang atas ditunjuknya Wilayah ini sebagai Kampung Pancasila. Semoga Kelurahan Senayang semakin makmur dan sejahtera”, tutupnya.

Pantauan dilapangan tampak personel TNI dari Koramil 06/Senayang bersama Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Warga dan para pelajar sedang melaksanakan karya bakti berupa Goro dilapangan Sepak Bola Yusuf Kahar dan disejumlah rumah ibadah serta memberikan hadiah kepada siswa SDN 002 Senayang yang dapat mengucapkan butir-butir Pancasila secara langsung. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar