118 WBP Rutan Tanjungpinang Cek Kesehatan

KBRN, Tanjungpinang; Sebanyak 118 Warga Binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang mengikuti pemeriksaan VCT HIV/Aids dan screening TBC. VCT dan Screening dilakukan oleh petugas medis Rutan bekerjasama dengan petugas Puskesmas Kota Tanjungpinang , dan Dinas Kesehatan Tanjungpinang pada Sabtu,(6/8/2022).

Kepala Rutan Eri Erawan menyampaikan bahwa VCT dan screening merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada kesehatan WBP, “ Alhamdulillah kegiatan seperti ini berlangsung secara rutin per tiga bulan agar kesehatan WBP khususnya yang termasuk kelompok rentan ini dapat sellu termonitor” Ungkap Eri Erawan.

Sebelum pekeriksaan Tim dari Puskesmas melakukan Penyuluhan mengenai Penyakit TBC dan manfaat VCT dan Screening. Dalam penyampaiannya  beliau menjelaskan apa yang dimaksud dengan VCT ( voluntary counselling and testing ) diartikan sebagai konseling dan tes HIV secara sukarela (KTS) dan manfaat nya bagi pasien. Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

Selanjutnya pengambilan sampel darah dan sampel dahak oleh petugas Puskesmas. Sesuai nomor antrian WBP di data Identitasnya dan diberikan konseling dan proses pengambilan sample darah "Setelah dilakukan pengecekan bersama, hasil pemeriksaan akan di sampaikan kepada tim medis Rutan untuk di tindak lanjuti.

Ditemui usai kegiatan Plh Kasi Yantah Agus Setiawan mengungkapkan sangat mendukung dalam penyelenggaraan Pemeriksaan VCT dan Screening ini “ saya lihat rekan rekan WBP sangat antusias mengikuti kegiatani ini, mereka ada yang sudah 3 kali, 2 kali, mereka tetap semangat dan bersedia melakukan pemeriksaan” ungkapnya.

Kegiatan berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid -19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar