16 Ekor Sapi Kiriman Dari Lampung Tengah Positif PMK

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan   Pemprov Kepri Rika Azmi  

KBRN, Kepri : Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian    Pemprov Kepri Rika Azmi  mengatakan sebanyak 15 ekor sapi dinyatakan Positif  Penyakit Mulut dan Kuku . Hal ini   berdasarkan   hasil uji tes dari Bavet Bukittinggi  yang menyatakan  ada 16 ekor sapi yang terserang PMK.

“ 16 Ekor Sapi positif PMK, 1 ekor sapi sudah dipotong dan dimusnahkan”. Ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan   Pemprov Kepri Rika Azmi  di Gedung Daerah Kamis, (07/07/2022).

Dijelaskannya juga bahwa  sapi  tersebut terkena PMK  setelah  didatangkan dari luar Provinsi Kepri, yaitu Lampung Tengah .  Saat ini kondisi sapi  sudah membaik, karena sudah diberikan perlakuan pemberian vitamin ecoenzim dan jamu.

“ Sapi sapi yang sudah positif PMK ini kita rawat dengan memberikan Vitamin dan juga jamu “. Lanjutnya.

Rika Zami menambahkan Sesuai arahan Satgas PMK,   kabupaten/kota di wilayah Kepri tidak boleh mendatangkan hewan maupun produk hewan dari daerah zona merah, khususnya Batam.  

Selain itu, Satgas PMK juga meminta kabupaten/kota melakukan isolasi terhadap hewan-hewan ternak yang sakit dan terduga sakit.  

“ Menangani hewan ternak sakit dengan pemberian vitamin dan pendukung lainnya sebagai upaya penanganan dan pengendalian wabah PMK “. Tutupnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar