Ketua Dekranasda Lingga Resmikan Tempat Keterampilan Tekad Tudung Manto Encik Zulaika

Ketua Dekranasda Lingga Maratusholiha usai meresmi tempat pembuatan tudung manto (Foto : Ist)

KBRN, LINGGA : Pemerintah Kabupaten Lingga terus melestarikan khazanah warisan budaya tak benda yakni Tudung Manto.

Hal tersebut dalam rangka peningkatan tugas dan fungsi lembaga maupun peningkatan SDM dalam bentuk pelatihan.

Upaya melestarikan inipun diiringi dengan peresmiannya tempat keterampilan tekad tudung manto Encik Zulaika di Kampung Tembaga, Daik Lingga oleh Ketua Dekranasda Maratusholiha yang juga di dampingi Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lingga. Rabu (6/7/2022)

Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga Maratusholiha menyampaikan, hal ini juga dilaksanakan untuk mendukung visi dan misi Kabupaten Lingga sebagai Negeri bunda tanah melayu.

“Berbagai kegiatan untuk melestarikan dan mengembangkan telah dilaksanakan. Hal ini guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengerajin tudung manto, sehingga tudung manto ini sendiri akan tetap lestari dan akan dikenal baik oleh nasional maupun internasional," kata Maratusholiha

Maratusholiha menuturkan, tudung manto ini sendiri sudah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya Kabupaten Lingga dengan telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai warisan budaya Indonesia tahun 2015.

"Dan sebagai hak komunal masyarakat Kabupaten Lingga yang sudah di akui Kementerian Hak Azazi Manusia tahun 2021," ujarnya

Maratusholiha berharap kegiatan tekad tudung manto ini dapat terus berkembang dan terus mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga.

“Mudahan kegiatan tekad tudung manto ini dapat berkembang dan terus mendapatkan dukungan dari Pemda maupun pemerintah pusat. Dan tentunya dapat menjadi icon Kabupaten Lingga," harapnya (Wn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar