KPU Lingga Prediksi Jumlah DPT Pada Pemilu 2024 Meningkat

Ketua KPU Lingga Hasbullah (Foto : Wandi)

KBRN, LINGGA : Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lingga memprediksi jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT dalam pemilu 2024 di Lingga akan terjadi peningkatan jumlah pemilih.

Ketua KPU Lingga Hasbullah mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah melaksanakam pemuktakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Kemungkinan besar jumlah pemilih di 2024 mendatang ada penambahan. Dimana kami melakukan pemutakhiran itu berkala setiap bulan kita akan mengupdate sesuai informasi data," kata Hasbullah belum lama ini.

Dijelaskan Hasbullah bahwa pihaknya mendapatkan informasi data tersebut dari Disdukcapil Lingga.

"Maka data pemilih yang memenuhi syarat kita masukkan sebagai pemilih baru dan tidak memenuhi syarat atau TMS kita coret," jelasnya

Berdasarkan pendataan terakhir di Juni 2022 sekitar 71.139 pemilih yang telah diplenokan. 

"Jadi ada peningkatan dari pada pemilihan tahun 2020. Dimana DPT kita berjumlah 70.545 pemilih," bebernya

Dikatakan Hasbullah bahwa peningkatan jumlah pemilih baru di Kabupaten Lingg bermacam jenis, mulai dari usia 17, pensiunan TNI-Polri dan masyrakat yang pindah domisili di Lingga.

"Peningkatan tersebut bermacam jenis pemilih baru ada yang otomatis pemilih pemula dimana usia 17 hari ini telah kita masukkan kedalam daftar pemilih dan ada juga dari pensiunan dari TNI Polri dan juga ada juga orang pindah domisili. Yang dulunya diluar Lingga sekarang ber-KTP lingga dan itu sebagai pemilih baru," tuturnya (Wn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar