Jangan Lengah Covid Masih Ada.

KBRN, Tanjungpinang : Satgas Covid 19 Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat  untuk tetap disiplin protokol kesehatan, karena  kasus aktif covid-19  masih ada di beberapa daerah di Kepri.

“Data satu bulan ini memang tidak pernah lewat dari 5 kasus, bergiliran saja antara  kabupaten di Kepri seperti Karimun Batam, Tanjungpinang. Saat ini batam telah sembuh sembuh sehingga kosong begitu juga dengan Karimun, dan Tanjungpinang  tambah satu sehingga jadi 5 kasus aktif di Tanjungpinang. Sedangkan zona hijau ada di Lingga, Nambas dan Bintan.” Ujar Wakil Ketua Satgas Covid Kepri  Tjetjep Yudiana, Rabu (06/07/2022).

Menurutnya  gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tidak lebih ringan dibandingkan varian Covid-19 lainnya. Gejala yang relatif ringan itu pada dasarnya disebabkan oleh imunitas masyarakat yang sudah terbentuk terhadap covid 19.

“Gejala varian baru omicron ini tidak lebih ringan, kita di Kepri  sudah diuntungkan karena vaksinasi tahap 2 kita sudah 100 persen dan boster sudah 46 persen. Sehingga yang sakit-sakit dan terpapar covid tersebut terlindungi. Bahkan yang bergejala-gejala setelah dilakukan di tes di faskes tidak menunjukkan covid. Hal inilah kita diuntungkan dengan vaksinasi.” Ucapnya.

Meski begitu Kepri juga harus  mewaspadai  peningkatan kasus  covid  di Singapura dan  peningkatan mobilitas masyarakat saat ini.

“Dulu  transportasi dibatasi, namun saat ini   mobilitas masyarakat sangat luar biasa walaupun harga tiket mahal. Ditambah libur panjang, luar biasa mobilitasnya.” Tukasnya.

Untuk itu perlu kewaspadaan  bersama saat ini  agar kasus tidak meningkat. Bagi yang belum vaksin kedua  diharapkan untuk segera melakukan vaksin kedua dan kemudian vaksin booster agar imunitas tubuhnya dapat segera terbentuk.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar