Kelurahan Kampung Bulang Terpilih Mengikuti Program Kotaku

KBRN, Tanjungpinang: Untuk memastikan kesiapan Kota Tanjungpinang dalam program Kotaku, Walikota Tanjungpinang, Rahma, turun langsung meninjau rencana lokasi yang akan dipilih, di Kelurahan Kampung Bulang, Selasa (05/07/2022).

Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

“Tahun ini terpilih kelurahan Kampung Bulang sebagai program Kotaku. Untuk itu hari ini bersama tim meninjau kawasan dan melihat kesiapannya, diantaranya drainase untuk mencegah genangan air kotor penyebab sarang penyakit, juga tempat pembuangan sampah agar lingkungan lebih bersih,” terangnya.

Menurut Rahma selain faktor drainase, aspek penting lainnya yang mendukung program Kotaku adalah akses jalan alternatif. Karena jalan alternatif itu penting dan amat diperlukan untuk memudahkan mobilitas warga.

Disampaikannya, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan.

“Juga mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Rahma pun berharap masyarakat turut membantu dan bekerjasama mensukseskan program Kotaku ini. Karena suksesnya program Kotaku ini tentu harus ada kerjasama bersama masyarakat.

“Terkait kebersediaan warga, perlu dibuat surat pernyataan persetujuan melakukan pekerjaan, karena ini bersifat tidak memaksa, jika ada yang tidak bersedia maka akan dicari kembali titik lokasi lainnya," pungkasnya.(AW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar