Tahun Ini Fasiltas Wukuf di Arafah Sudah Lebih Baik

KBRN, Tanjungpinang : Menjelang persiapan puncak haji di arafah yang jatuh pada Jumat 8 Juli mendatang sejumlah persiapan telah dilakukan termasuk melakukan peninjauan lokasi oleh petugas haji Kloter 1 Batam. Sebelum seluruh jamaah haji mulai berpindah ke padang Arafah untuk melakukan wukuf.

Kepala rombongan atau karom asal Kota Tanjungpinang Nurhalim mengatakan, saat ini sejumlah fasilitas di padang arafah sudah mengalami peningkatan. salah satunya adalah disipkannya kasur tipis beserta bantal sebagai penunjang kenyamanan jamaah saat melakukan wukuf di Arafah.

“Sekarang sudah ada peningkatan lah, kita disediakan kasur tipis sama bantal jadi agak nyaman. Kalau biasanya kan Cuma pakai karpet, itupun berpasir,”  ujarnya.

Selain itu juga setiap tenda telah disediakan AC atau pendingin, karena kondisi cuaca yang cukup tinggi di Arab Saudi yang dapat menyetuh 50o celcius.

“Juga setiap tenda ini disediakan AC yang besar-besar jadi cukup sejuk, karena suhu disini itu sangat panas bisa mencapai 50o C,” tambahnya.

Persiapan bagi Jemaah sendiri saat ini terus dilakukan oleh panitia Haji, salah satunya ialah melakukan bimbingan ibadah haji kepada para Jemaah terkait rangkaian ibadah yang akan dilaksanakan pada puncak haji oleh pembimbing ibadah haji.

Jemaah haji sendiri saat ini telah diminta untuk focus menjaga kesehatan, dan juga diminta untuk melakukan ibadah di hotel saja, mengingat saat ini sudah semakin dekat waktu pelaksanaan puncak ibadah haji.

“Kita sudah melarang Jemaah untuk berpergian, bus untuk ke Mekkah sekarang juga sudah kita stop, jadi kalau ibadah ibadah di sekitar masjid saja,” terang Nurhalim.

Selian itu dirinya juga mengatakan bahwa kondisi para Jemaah saat ini dalam keadaan yang baik, meskipun sering mengalami batuk akibat cuaca yang panas dan menyebabkan kering pada saluran tenggorokan. Para Jemaah juga diajurkan untuk menggunakan masker dalam kondisi yang lembab atau basah untuk mengurangi panas dan debu yang terhirup oleh saluran pernafasan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar