Disdik Kota Tanjungpinang Tegas Larang Pungli

KBRN, Tanjungpinang : Dalam proses penerimaan siswa baru tahun ini Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang melarang dengan tegas kepada seluruh panitia PPDB untuk menerima pungli atau suap yang dilakukan oleh orang tua siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Saparillis mengatakan pihaknya akan menindak dengan tegas jika terjadi aksi pungli di lapangan baik oleh pihak sekolah ataupun Staf dinas pendidikan Kota Tanjungpinang.

“Kalau pungli memang kita harus jauh dari hal itu, kalau memang mau menolong silahkan, tapi jangan meminta imbalan,” ucapnya, Selasa (05/07/2022).

Dirinya juga menegaskan setiap pelaku pungli akan langsung diproses sesuai dengan tingkat kesalahan yang diperbuatnya. Sanksi paling ringan ialah berupa teguran yang akan diberikan langsung kepada yang bersangkutan. Menurut saparlis larangan pungli ini sudah diatur dalam kode etik yang telah dipegang oleh masing-masing pegawai.

“Saya sudah kasih warning kepada seluruh kepada sekolah jangan coba-coba untuk melakukan pungli, karena akan langsung kita tindak,” tegasnya. 

Selain itu pada pelaksanaan PPDB tahun ini Saparilis mengatakan kapasitas Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudha cukup untuk menampung tamatan Sekolah Dasar yang ada. Dirinya juga meminta kepada orang tua untuk tidak memaksakan anaknya bersekolah yang memang bukan dalam zonasi tempat tinggalnya karena pembagian kuota untuk setiap sekolah sudah diperhitungkan oleh Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar