Ratusan Wali Murid Keluhkan NIK Bermasalah Saat Pendaftaran PPDBTingkat SMP

KBRN, Tanjungpinang : Hari ini ratusan wali murid mendatangi Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan mengeluhkan NIK yang bermasalah saat melakukan pendaftaran PPDB online.

Diketahui hari ini, Senin (04/07/2022) merupakan hari pertama pelaksanaan PPDB online jalur zonasi dan perpindahan orang tua tingkap TK, SD, dan SMP.

Salah seorang wali murid Fitria yang tinggal di Jl. kamboja mengaku sudah mencoba mendaftarkan anaknya sejak subuh, namun terkendala masalah NIK. Menurutnya saat hendak mendaftar, dirinya mendapat notifikasi dari sistem bahwa NIK sudah digunakan.

"Dari subuh kita coba tidak bisa, terus anak saya ke sekolah SD disuruh ke SMP, dari SMP kita ke Dinas inilah. Sampai sini antri," ujarnya, Senin (04/07/2022).

Masalah ini tidak hanya menimpa Fitri, tapi juga menimpa sebagian besar wali murid yang datang ke Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang hari ini.

Panitia pun telah menyiapkan sejumlah kursi dan nomor antrian, agar satu persatu masyarakat yang datang dapat dilayani, mengingat jumlah yang hadir tersebut cukup banyak.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Saparillis menyebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah tenaga teknis untuk membantu masyarakat yang terkendala saat melalukan pendaftaran online, baik di tingkat sekolah maupun di Dinas Pendidikan.

"Tiap sekolah ada, disini (Disdik-red) juga kita sediakan untuk masalah yang tidak terselesaikan di tingkat sekolah," ucapnya.

Dirinya juga menghimbau orang tua untuk berhati-hati saat menginput data saat melakukan pendaftaran, untuk meminimalisir kesalahan.

"Kebanyakan kan orang tua, jadi kita himbau agar hati-hati betul inputnya, teliti, supaya tidak terjadi kesalahan," ucapnya.

Banyaknya masyarakat yang mengakses website PPDB ini, menurutnya juga menjadi salah satu penyebab banyak masyarakat yang mengalami error saat mendaftar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar