Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Sama

KBRN, Tanjungpinang : Bapenda Kepri kembali mengadakan program pemutihan pajak bagi kendaraan bermotor mulai 1 Juli kemarin.

Sebagai pelaksana teknis, Kepala UPT PPD SAMSAT Tanjungpinang, Muhammad Hanafiah mengatakan bahwa persyaratan bagi masyarakat yang akan melaksanakan pemutihan masih sama seperti tahun sebelumnya.

"Syaratnya KTP asli, Pajak Asli, STNK asli dan Fotocopy BPKB untuk yang 1 tahun. Kalau 5 tahun ada penambahan cek fisik dan BPKB asli," ucap Hanafian, Sabtu (02/07/2022).

Diterangkannya juga kegiatan pemutihan ini dapat dilakukan dibeberapa tempat yakni Gedung Veteran Jalan Basuki Rahmat, Pos Polisi di Jalan Merdeka, Mobil Samsat di depan TCC, serta Samsat Corner di Batu IX.

"Kita ada beberapa lokasi untuk membayar pajak, tidak harus kesini," terangnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan 5 tahun, harus melakukan tes fisik yang dapat dilakukan di lapangan pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang.

Ia menyebut, ada dua tahap pemutihan pajak kendaraan. Tahap pertama dari tanggal 1 Juli sampai 30 Agustus dan Tahap kedua dimulai pada Bulan September.

"Kita ada dua tahap pelaksanannya. Karena ini merupakan program Bapenda Kepri, jadi kita hanya secara teknis saja," ujarnya.

Sementara itu, Siti  warga masyarakat ikut membayar tunggakan kendaraan bermotor miliknya mengaku sangat terbantu, karena dengan adanya pemutihan maka biaya yang Ia keluarkan menjadi lebih murah dibandingkan yang seharusnya.

"Saya bayar tunggakan motor selama 1 tahun, seharusnya satu juta lebih, tapi karena ada pemutihan jadi lebih murah," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar