Babinpotmar Mapur Lakukan Pencarian Korban Hilang  

KBRN, Tanjungpinang; Bintara Pembina Potensi Maritim Pos TNI AL(Babinpotmar)Mapur Posal Berakit masih melakukan pencarian terhadap korban Kapal KM.PASIFIK yang terbalik di perairan Mapur, Saat ini pencarian dilakukan menggunakan kapal pompong.

Pencarian dilakukan untuk menindak lanjuti korban yang belum ditemukan. Hal tersebut disampaikan Asops Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Agus Izudin.

Danlantamal (IV) Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwani Madani melalui Asops Lantamal IV Kolonel Laut (P) Agus Izudin kepada RRI mengatakan, untuk pencarian korban yang hilang saat ini Babinpotmar Mapur masih menunggu cuaca agak teduh. 

“Setelah cuaca teduh babinpotmar melanjutkan pencarian menggunakan pompong,” kata Kolonel Laut (P) Agus Izudin, Kamis (30/06/2022) Malam.

Asops Lantamal mengungkapkan, setelah mendapatkan arahan dari Komandan Lantamal IV Tanjungpinanag, kemudian dilakukan koordinasi bersama Asops Guskamla dan Asops Guspurla Jajaran Koarmada I untuk dapat membantu mencari dengan menggunakan unsur-unsur KRI terhadap kapal nelayan yang hilang tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Asops Guskamla I dan Asops Guspurla I untuk dapat membantu pencarian kapal nelayan yang hilang tersebut,” ungkapnya

Dikatakannya, bahwa KM Pasifik mengalami kecelakaan kapal terbalik setelah diterjang angin. Kemudian kru kapal diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas, namun kru kapal atas nama Rahmat tidak muncul ke permukaan. 

“Babinpotmar  menerima laporan dari nelayan bahwa ada kapal pukat ikan (Pukat Mayang) terbalik di Selatan Pulau Mapur jarak 2 mill dari darat,” Ujarnya

KM. Pasifik dinakhodai oleh Yasman beranggotaan 8 (delapan) orang asal dari Tanjung Balai. Pada hari Senin (27/06/) Pukul 17.30 WIB. Kapal tersebut lego jangkar di perairan Mapur dari Tanjung Balai guna mencari perlindungan cuaca buruk.

“Hari kamis terjadi cuaca buruk (Angin Barat) di perairan pulau Mapur kapal oleng dan mengakibatkan air laut masuk ke kapal dan akhirnya kapal terbalik,”

Seluruh ABK mencari perlindungan dan berenang ke kapal lain, 1 ABK masih belum di temukan. Babinpotmar bersama nelayan dan unsur SAR lainnya masih melakukan pencarian.

“Kalau situasi dan kondisi tidak memungkin malam ini, maka dilanjutkan esok hari pencarian kembali,” pungkas Asops Lantamal IV.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar