DP3APM Berikan Pelatihan Membuat Cake dan Menjahit Dasar Kepada 12 Perempuan Rentan/Korban Kekerasan

KBRN, Tanjungpinang : Peduli terhadap perempuan rentan dan korban kekerasan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) memberikan pelatihan menghias cake dan membuat roti kepada delapan orang, serta menjahit dasar kepada empat orang.

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan hidup dengan pasangan serta meningkatkan perekonomian keluarga.

Pelatihan menghias cake dan membuat roti dilaksanakan mulai Senin (23/5) sampai dengan 6 Juni 2022, di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Brilliant, Jalan Seijang.

"Sedangkan pelatihan menjahit dasar akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni sampai dengan 11 Juli 2022 di Lembaga Pendidikan dan Ketrampilan Nadhira, Jalan Ir. Sutami," kata Rustam, Senin (23/5/2022).

Disebutkan Rustam, berdasarkan penelusuran kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yang masuk ke UPTD PPA, masalah ekonomi seringkali menjadi faktor pemicu timbulnya kekerasan.

Dampak kekerasan terhadap perempuan sendiri bisa terjadi dalam waktu pendek seperti luka fisik, hilangnya pekerjaan dan kehamilan yang tidak diinginkan (terkait kekerasan seksual). 

"Bisa juga terjadi dampak dalam jangka panjang seperti gangguan psikis (hilangnya rasa percaya diri), ketakutan berlebihan dan depresi," ucapnya. 

Dengan pelatihan kepada perempuan rentan dan korban kekerasan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan khususnya perempuan rentan dan korban kekerasan, menstimulasi pengembangan usaha perempuan melalui ketrampilan home industry. 

Kemudian meningkatkan ketrampilan hidup dan ketahanan diri perempuan dalam mencegah kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, serta membuka dan memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya dalam meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga

"Kepada seluruh peserta pelatihan nantinya akan mendapat bantuan peralatan kerja dari pemko Tanjungpinang yang diagendakan penyerahannya oleh wali kota pada 7 Juni 2022 mendatang," ucapnya. (ril)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar