Kakanwil Buka Bimtek PPIH Kloter Terintegrasi Embarkasi Batam

KBRN, Tanjungpinang : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Mahbub Daryanto, membuka secara resmi Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kloter terintegrasi di Asrama Haji Batam, Sabtu, 21 Mei 2022.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi H. Zoztafia, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Kabag Kesra, Kabid PHU Kanwil Kemenag Kalbar, Kabid PHU Jambi, Kabid PHU Riau, Plt Kabid PHU Kepri, Kepala Kemenag Se Provinsi Kepri dan 72 Peserta dari 4 Provinsi.

Bimtek PPIH dilaksanakan selama 6 hari mulai 21 s. d 26 Mei 2022.

Mahbub Daryanto dalam sambutannya mengatakan sebanyak 12 Kloter yang Insya Allah akan diberangkatkan dari Embarkasi Batam pada musim haji tahun ini.

Pada umumnya masa operasional 41 hari, namun saat ini separuh dari masa tersebut menyesuaikan dengan separuh kuota yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

Mahbub menekankan kepada petugas haji tentang pentingnya bekal moderasi beragama dalam melayani jamaah haji di Kota Mekah dan Madina serta meminta  petugas melayani jemaah dengan penuh integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan sesuai dengan harapan Menteri Agama.

Dengan masa yang singkat persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun ini, Mahbub mengajak dan berpesan bahwa petugas haji tugas utamanya melayani jamaah haji.

"Soal ibadah pastikanlah kordinasi dengan petugas dan pastikan jamaah dalam keadaan aman saat kita tinggalkan untuk melaksanakan ibadah", pesan Kakanwil.

"Insya Allah dengan melayani jamaah haji secara sabar dan profesional kita akan mendapatkan keberkahan dan menjadi Haji yang mabrur. Kita (PPIH, red) harus menjadi penyelesai masalah jamaah haji, bagaimana kita memberikan pendampingan kepada jemaah menyampaikan pendapat secara bijak, adil dan  harus pandai berimprovisasi dengan petugas lainnya dalam menyelesaikan masalah jamaah haji di Arab Saudi nantinya", harapnya.

Dia mengingatkan petugas haji akan banyak menemui tantangan, oleh karena itu Mahbub berharap petugas meluruskan niat sebaik-baiknya sejak awal, sabar dalam bekerja melayani jamaah dan berdoa kepada Allah agar prosesi mulai dari keberangkatan dan pemulangan berjalan dengan lancar. (ril)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar