Menkes RI Budi Gunadi Sadikin : Lepas Masker, Indonesia Menuju Endemi

KBRN, Tanjungpinang; “Indonesia dalam transisi dari pandemi menuju endemi, dengan kebijakan yang diumumkan oleh bapak presiden Joko Widodo,” Kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Tanjungpinang, Kepri, Rabu (18/05/2022)

Sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah mengizinkan masyarakat lepas masker di ruang terbuka. Kebijakan pelonggaran ini menurut Jokowi setelah melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah jauh lebih terkendali.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa melepas masker merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi sesuai kebijakan yang di sampaikan Presiden Joko Widodo.

“Kita mengurangi, mengendorkan beberapa protokol kesehatan yang tadinya ketat, sekarang sudah mulai longgar kita lakukan bertahap tidak bisa sekaligus,”Katanya

Budi juga mengatakan, Semua penyakit menular yang menjadi endemi, Salah satu hal terpenting untuk mencapai tahapan tersebut adalah pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing individu.

“Menjaga kesehatannya sendiri masyarakat secara individu sudah paham, jika terkena tindakan seperti apa untuk mengatasinya,”Ujarnya

Menurutnya, ada sejumlah pengecualian yang mengharuskan seseorang memakai masker, antara lain berada diruang tertutup, serta masker masih diwajibkan untuk populasi rentan dan bagi mereka yang bergejala seperti batuk, pilek, dan demam.

“Bapak presiden bilang, kita pakai masker aja sudah luar biasa disiplin, itu salah satu yang menurunkan penularan kasus,”Imbuhnya

Budi juga mengatakan pada masa transisi ini masyarakat harus saling bekerjasama untuk menjaga situasi tetap kondusif dan paling utama menjaga kesehatan.

”Harus jaga jangan sampai penularannya naik turun lagi, Alhamdulillah beberapa bulan ini terjaga,”Terangnya

Endemi itu diharapkan yang menjaga kesehatan adalah diri sendiri, saat ini pemerintah mengurangi penjagaan ketat seperti saat Pandemi Covid-19.

“Kita sekarang mengurangin penjagaan dari pemerintah, tapi ternyata masyarakat bisa menjaga kesehatan sendiri. Nah, itu menunjukan kita semakin siap menghadapi endemi,” Tukasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar