Pencanangan BIAN Di Lingga Targetkan 1.045 Orang

KBRN, LINGGA : Pencanangan bulan imunisasi anak nasional atau BIAN dengan sasaran umur 9 bulan hingga 15 tahun dan usia 12 bulan sampai 59 bulan dilaksanakan serentak di Kepualan Riau.

Seperti di Kabupaten Lingga yang digelar di Gedung Nasional Dabo Singkep, Rabu (18/5/2022)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dr. Bukit Tua Rayanto Gultom mengatakan, bahwa usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk imunisasi tambahan dan untuk 12-59 bulan untuk imunisasi kejar.

"Jadi untuk usia 9 bulan hingga 15 tahun imunisasi tambahan dan 12-59 bulan untuk imunisasi kejar," kata Bukit

Dikatakan Bukit bahwa untuk target di Kabupaten Lingga hari ini sebanyak 1.045 orang di seluruh Kecamatan di Lingga.

"Target kita untuk hari ini 1045 anak untuk se-Kabupaten Lingga. Dan untuk wilayah singkep sendiri pencanangan di gedung nasional ini sekitar 540 orang," jelasnya

Dijelaskan Bukit bahwa ini bukan kegiatan rutin melainkan event dari Kementerian Kesehatan dalam rangka memperingati bulan imunisasi anak nasional (BIAN)

"Kegiatan ini dilakukan serentak untuk pulau Jawa, Sumatera dan kalimantan," ujarnya

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencegah penyakit campak, rubella, polio, difteri, hepatitis B, pheumonia, maningitis, dan pertusis

"Jadi manfaat BIAN ini untuk mencegah penyakit campak, rubella, polio, difteri, hepatitis B, pheumonia, maningitis, dan pertusis," jelasnya

Namun untuk imunisasi wajib di Kabupaten Lingga tetap rutin dilaksanakan, imunisasi BIAN ini hanya tambahan yang merupakan program nasional.

"Untuk imunisasi wajib di Kabupaten Lingga tetap berjalan. Dan ini hanya imunisasi tambahan yang merupakan program nasional," tuturnya (Wn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar