Developer Cantik “RK” Tipu Konsumen Ratusan Juta Diringkus Satreskrim Tanjungpinang

KBRN, Tanjungpinang; Seorang wanita cantik inisial “RK” terduga pelaku penipuan dan penggelapan jual beli rumah berhasil diringkus Satreskrim Polresta Tanjungpinang di di Perum mediterania Blok HH2 No 9 Kel. Nongsa Kec. Batam Kota – Batam, Kepri, Minggu (15/05/2022)

Kasatreskrim Polresta Tanjungpinang AKP Awal Sya’ban Harahap mengatakan, Terduga pelaku “RK” merupakan seorang developer Perumahan The Hill Residence Tanjungpinang. Pelaku bernama “RK” ini ditangkap, karena nekat menipu konsumennya mencapi ratusan juta rupiah.

“Setelah kita lakukan penyidikan, kemudian menetapkan RK sebagai tersangka dalam perkara penipuan dan penggelapan,” Kata AKP Awal Sya’ban Harahap, Selasa (17/05/2022)

AKP Awal mengungkapkan, kejadian ini bermula dari korban berinisial H membeli rumah di Perumahan The Hill Residence Type 38 Blok Topas nomor 16, di Jl Hanjoyo Putro Tanjungpinang.Saat itu, kata dia korban membeli dengan cara membayar cash bertahap senilai Rp 166.680.000, yang merupakan milik pelaku Rini.

“Korban sudah melakukan pembayaran pertama pada 30 Juni 2015 dan langsung melunasi pada tanggal 10 Februari 2016, sebesar Rp 166.680.000,”ungkapnya.

Namun, pelaku Rini tidak kunjung melaksanakan Akta Jual Beli (AJB), bahkan ketika korban meminta sertifikat terhadap rumah yang sudah dibeli pada Agustus 2017, terlapor tidak juga menyerahkan dengan alasan sertifikat sudah diagungkan di Bank Duta Kepri sejak 19 Oktober 2016 untuk pinjaman modal usaha.

“Katanya untuk pinjaman modal usaha dan terlapor bermasalah dengan kredit pinjaman sampai pihak Bank Duta Kepri bermaksud menyemprot rumah tersebut,” Ujar Kasat

Atas kejadian tersebut pelapor merasa telah di tipu oleh Pihak Developer karena sampai saat ini Sertifikat tidak diberikan dan melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa, 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran uang angsuran, 1 (satu) buah fotocopy Sertifikat, 1 (satu) rangkap Berita Acara Serah Terima Kunci, 1 (satu) bundle Akta, 1 (satu) buah sertifikat Hak Milik, Perjanjian Kredit dan Dokumen Taksasi (penilaian jaminan) a.n “RK” (asli).

“Atas perbuatannya, pelaku Rini terancam Pasal 378 dan atau Pasal 372 K.U.H.Pidana,”Pungkasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar