Pelaksanaan Ibadah Trisuci Waisak Berlangsung Normal

KBRN, Tanjungpinang : Pelaksanaan ibadah pada perayaan hari besar waisak di Kota Tanjungpinang hari ini Senin (16/5/22) berlangsung cukup normal.

Berdasarkan pengamatan di lapangan kunjungan umat Buddha di Salah satu Vihara tertua yang ada di kota Tanjungpinang yakni Vihara Bahtra Sasana tidak terlihat adanya keramaian yang cukup berarti pada perayaan hari waisak. salah seorang petugas di Vihara tersebut Ahok mengaku,  bahwa untuk perayaan waisak memang tidak seramai pada perayaan imlek, namun peningkatan pengunjung tetap terjadi meskipun tidak terlalu banyak.

“Memang disini kalau waisak tidak seramai hari Imlek, jadi yang datang beribadah biasa-biasa saja,” ungkap Ahok.

Untuk melayani warga yang akan beribadah pada hari waisak ini sendiri, Vihara Bahtra Sasana mulai dibuka pada pukul 4 pagi hingga malam saat tidak ada lagi pengunjung yang datang untuk beribadah, yakni sekitar pukul 8 atau pukul 9 malam.

“Disini tidak ada perayaan khusus, jadi tidak ada juga ibadah khusus yang kita lakukan yang melibatkan keramaian,” tambah Ahok.

Trisuci waisak sendiri diperingati oleh umat Buddha sebagai penanda tiga peristiwa penting yakni hari lahirnya Sidharta Gautama, kemudian Sidharta Gautama mencapai penerangan dan menjadi Buddha, serta hari wafatnya Sang Buddha dan mencapai parinibbana. (yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar