Harga Ayam Potong Pasca Lebaran Terus Melambung

KBRN, Tanjungpinang : Harga ayam potong di Pasar Baru Tanjungpinang terus merangkak naik, pasca lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Salah seorang pedagang Ayam potong di Pasar Baru Tanjungpinang Herman mengatakan, kenaikan harga ini telah berlangsung selama seminggu yang diakibatkan oleh kurangnya pasokan ayam dari peternakan.

“Sudah seminggu harganya naik, karena enggak ada stok, jadi naik terus,” ungkap Herman, Senin (16/5/22).

Dikatakannya bahwa harga ayam potong saat ini sudah mencapai Rp45 ribu rupiah, padahal menjelang ramadhan kemarin harga ayam potong masih berada di kisaran Rp40 ribu rupiah per kilogramnya.

Kurangnya stok dari para peternak ini juga mengakibatkan jatah penjualan ayam yang diterimanya menjadi berkurang. Dimana biasanya ia mendapat stok ayam dari peternakan sebanyak 100 hingga 150 ekor, namun sekarang ia hanya mendapatkan stok 60 ekor saja.

“Ya dibatasi jadi lebih sedikit, makanya jam segini sudah habis stok ayam kami,” tambah Herman.

Namun begitu diakui Herman, penjualan ayam hingga hari masih cukup normal. Tidak terjadi penurunan ataupun peningkatan permintaan yang signifikan

Sementara itu untuk harga komoditas pangan lainnya cenderung stabil. salah seorang pedagang cabai dan bawang di pasar baru Tanjungpinang Karti menyebut, harga cabai dan bawang sejak lebaran belum mengalami perubahan harga. Untuk cabe merah dijual dengna harga 36 ribu rupiah per kilogram, cabai rawit dijual dengna harga 40 ribu rupiah per kilogram, dan bawang merah serta bawang putih masih di harga 28 ribu rupiah per kilogramya. (yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar