Cegah Hepatitis Dengan Prokes dan Makanan Sehat

KBRN, Tanjungpinang : Menjaga asupan  anak dan juga tetap menjalankan prokes menjadi beberapa cara untuk mencegah penularan hepatitis akut pada anak. 

Dokter specialis anak dr. H. M. Rizqa menyebut bahwa makanan bisa menjadi salah satu sarana penularan penyakit tersebut. Sehingga dirinya mengharapkan orang tua untuk menjaga pola makan anak-anaknya. Selain itu, pencegahan lain adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita kan sudah terbiasa dengan protokol kesehatan selama pandemi, sehingga seharusnya ini bisa terus kita terapkan," jelasnya.

Sebagai varian baru, menurut Rizqa penyakit hepatitis ini dapat menyebar dengan sangat cepat, sehingga orang tua sebagai orang terdekat dengan anak harus waspada dan jeli pada kondisi kesehatan anak. 

"Kasus hepatitis ini awalnya akan menyerang perut," terang Rizqa. 

Dimana beberapa indikasi yang dapat mengarah pada penyakit tersebut adalah sakit perut, muntah, dan diare terutama yang warnanya pucat. Selain itu juga kuning pada wajah, kulit, dan mata. 

Namun begitu dirinya tetap meminta masyarakat untuk waspada, namun jangan sampai merasa panik. Dikatakannya, penyakit yang juga menyerang berbagai negara di dunia tersebut harus dicari informasi dengan sebaik-baiknya dari sumber yang terpercaya. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar