E-Passport dan Si Bolang Permudah Mengurus Passport di Imigrasi

KBRN, Tanjungpinang : Layanan terbaru dari Imigrasi Kelasi I Tanjungpinang yakni e-passpot dan juga sibolang resmi dilaunching pada perayaan hari Bhakti Imigrasi ke-72 Kamis (27/1/22) siang tadi.

Kedua layanan ini merupakan upaya Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang untuk mempermudah pengurusan passport bagi masyarakat. Terutama untuk layanan Sibolang yang akan mempersingkat waktu masyarakat karena dapat mengambil passport melalui Drive Thru atau layanan tanpa turun dari kendaraan.

Dikatakan Khairil Mirza Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang kedua layanan yang dilaunching ini merupakan terobosan imigrasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus passport terutama untuk layanan si bolang tersebut.

Program si bolang sendiri merupakan layanan untuk pengambilan passport yang telah selesai tanpa masyarakat harus turun dari kendaraan yang ditumpanginya, tentunya juga setelah masyarakat menyelesaikan pembayaran.

“Kita lihat masyarakat Tanjungpinang banyak yang punya kendaraan, jadi sekarang mereka bisa ambil passportnya tanpa turun dari kendaraan,” Ungkap Mirza pada Kamis (27/1/22).

Sementara untuk layanan e-passport sendiri dijelaskan Mirza merupakan layanan yang baru ada di beberapa kota di Indonesia. Untuk di Kepri menurutnya baru ada di Kota Batam, dan saat ini Imigrasi Kelas I Tanjungpinang sudah menyediakan layanan tersebut, sehingga untuk masyarakat yang membutuhkan e-passport tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Batam.

“Untuk pengurusan e-passport persyaratannya masih seperti biasa yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, Kartu Keluarga (KK), akta nikah atau akta kelahiran,” ujarnya.

Keuntungan lainnya untuk e-passport yakni prosesnya yang lebih cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 3 hari, penyimpanan data lewat chip yang akan mempermudah petugas Imigrasi, serta pemilik e-passport bisa memperoleh manfaat bebas visa saat berkunjung ke Jepang.

“Harganya juga berbeda dengan passport biasa yakni e-passport Rp650.000,- semenstara passport biasa Rp300.000,-“ ucapnya lagi.

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah Kepri Eko Sumbaryadi mengungkapkan, pelayanan Si Bolang sangat luar biasa dan merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh pimpinan Imigrasi Kelas I Tanjungpinang.

Dirinya berharap masyarakat tidak perlu ragu lagi atau bersusah payah dalam mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, dan kedepannya ada inovasi terbaru lagi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat. (yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar