Radiator Berasap, Pemadaman Karhutla Tertunda Setengah Jam

KBRN, Bintan : Pemadaman api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kampung Sidodadi, Kelurahan Kijang kota, kecamatan Bintan Timur (Bintim), Bintan, Kepulauan Riau, Rabu (26/1), sempat tertunda setengah jam.

Tertundanya pemadaman itu dikarenakan radiator mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Bintim, mengalami masalah. Sehingga, radiator yang panas itu harus didinginkan yang memakan waktu setengah jam.

“Iya, hampir setengah jam untuk mendinginkan kembali radiator. Kemudian lanjut lagi melakukan pemadaman,” jelas Kepala UPTD Damkar Bintim, Nurwendi, Kamis (27/1/2022). 

Diakuinya, saat ini UPTD Damkar di Bintim hanya memiliki satu kendaraan operasional Damkar. Disaat masuk musim hujan, mobil tersebut baru dibawa ke bengkel. 

“Sementara ini, mobil Damkar keluaran tahun 2006 ini, masih bisa beroperasi. Karena cuaca panas, tak berani bawa ke bengkel sekarang. Takutnya, ketika terjadi Karhutla, kita tidak bisa memadamkan api,” tukasnya.

Api yang menghanguskan hutan dan lahan dengan luas sekitar satu hektare itu berhasil dipadamkan selama 3 jam, bersama Tim Satgas Bintim, TNI/Polri dan masyarakat. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar