FOKUS: #CORONA

Kesalahan Pendataan, Kota Tanjungpinang Kembali ke Level 2

KBRN, Tanjungpinang : Kota Tanjungpinang kembali ditetapkan menjadi level 2 melalui Imendagri Nomor 4 Tahun 2022 bersama dengan Kota Batam.

Menurut Elviani Sandri Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, pihaknya masih menelusuri penyebab Kota Tanjungpinang kembali naik menjadi level 2. Menurutnya kondisi di lapangan, Tanjungpinang hanya memiliki 2 kasus aktif. Satgas juga telah melakukan tracing pada keluarga korban sesuai dengan ketentuan yang berlalu yakni minimal 14 orang.

“Ini sedang kita telusuri bersama dengan satgas provinsi karena kondisi di lapangannya tidak begitu,” ucap Sandri.

Menurutnya penetapan Tanjungpinang sebagai PPKM Level 2 terjadi kesalahan pada data kapasitas respon untuk tracing, Kota Tanjungpinang dinilai terbatas. Padahal untuk kedua kasus aktif covid19 di Kota Tanjungpinang, satgas sudah melakukan tracing masing-masing pada jumlah 16 dan 17 orang, dimana angka tersebut menurutnya sudah memadai.

Dirinya mengira bahwa kemungkinan ada data kasus lain yang masuk dalam pencatatan Kota Tanjungpinanng, yang sampai saat ini Dinas Kesehatan masih terus melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi.

“Mungkin ada data kasus yang masuk ke kita, tapi sekarang kita belum tau kasus yang mana,” ucap Sandri.

Sementara itu, M. Bisri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri juga mengatakan bahwa penetapan Kota Tanjungpinang dan juga Kota Batam dalam PPKM Level 2 merupakan kesalahan database yang terjadi di pemerintah pusat. Dimana pendataan untuk PMI masih belum dipisah dari masyarakat Kepri.

“Tanjungpinang itu sebenarnya level 1 sama dengan Batam juga level 1 cumaa ada kesalahan dalam data tracing akibat pencatatan PMI yang tidak dipisah,” ucap Bisri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar