Pemkab Diminta Perhatikan Damkar

KBRN, Bintan : Pemerintah Kabupaten Bintan diminta mendukung anggaran untuk fasilitas alat Pemadam Kebakaran (Damkar). Supaya penanganan bencana kebakaran bisa ditanggulangi dengan maksimal.

" Penanganan bencana kebakaran harus didukung dengan peralatan yang memadai. Agar penanganan bencana kebakaran bisa diatasi dengan baik," tegas Wakil Ketua II DPRD Bintan, Indra Setiawan, Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, saat ini sejumlah alat safety yang masih minim dan tidak sesuai standar di sejumlah UPT Damkar di Bintan. Sehingga perlu penganggaran untuk UPT Damkar.

" Alat-alat safety Damkar banyak yang sudah lama, sehingga perlu ada pembaruan. Karena, setiap musim kemarau, sering terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bintan," tambah Indra, politisi PDI Perjuangan.

Sebagai bentuk dukungan Komisi II terhadap penanggulangan kebakaran, mengusulkan pembangunan gedung UPTD Damkar di Bintan Utara, namun tidak diindahkan Pemkab Bintan dengan alasan recofusing anggaran.

" Refocusing itu bukan alasan. Kalau pemerintah serius itu bisa dianggarkan. Sementara, pemerintah bisa membangun infrastruktur yang tidak menyentuh langsung masyarakat," keluhnya. 

Jika alat pendukung dan Sumber Daya Manusia sudah terpenuhi, maka penanganan bencana kebakaran lebih fokus, sigap, terarah dan terukur dalam tindakan di lapangan. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar