Temui Plt Bupati Bintan, HNSI Bintan Curhat Terkait Pengurusan Pas Kecil Bagi Nelayan.

KBRN, Bintan: Ketua Umum HNSI Bintan, H. Baini menuturkan terkait keluhan nelayan bintan yang harus merogoh saku yang dalam guna pengurusan pas kecil karena  harus melalui jasa agen kapal.

Hal tersebut dikatakannya dalam Audiensi Pemkab Bintan dengan Jajaran Pengurus DPC HNSI Bintan di Ruang Rapat Bapelitbang Bintan.

Dikatakannya juga bahwa hal itu akibat peralihan kewenangan izin penerbitan pas kecil untuk kapal 1 - 7 GT dari Dinas Perhubungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Menurutnya, surat pas kecil tersebut menjadi sangat penting bagi nelayan, karena tanpa dokumen tersebut, nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS).

"Kita harapkan pemerintah bisa membantu nelayan dalam fasilitasi pengurusan pas kecil ini. Karena jika melalui jasa agen kapal, maka biaya yang ditimbulkan menjadi besar bagi nelayan, " ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan bahwa dirinya mengucapkan rasa terimakasihnya kepada segenap pengurus HNSI Bintan yang telah bekerja keras dalam membantu para nelayan Bintan

Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menurutnya akan segera berkoordinasi dengan sektor terkait lainnya dalam membantu persoalan para nelayan Bintan.

"Nanti akan kita coba audiensi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan jajaran terkait lainnya guna membantu penyelesaian masalah yang dihadapi para nelayan Bintan khususnya dalam pengurusan pas kecil, " ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, selain membicarakan terkait keluhan dari para nelayan, HNSI Bintan juga menyampaikan terkait pelaksanaan asuransi nelayan serta sinergitas program-program HNSI Bintan bersama Pemda Bintan kedepan.

"Tentu kita berharap semoga sinergisitas HNSI Bintan bersama Pemda Bintan bisa terjalin dengan baik kedepannya. Hal ini tujuannya tentu bagi kesejahteraan nelayan kita, " tegasnya (rn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar