BMKG Tarempa Beri Peringatan Kepada Pengguna Maupun Operator Transportasi Laut

KBRN, Anambas : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa, memberi peringatan kepada pengguna transportasi laut untuk waspada akan adanya potensi cuaca ekstrem khususnya seminggu kedepan, Senin (06/12/2021).

Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir mengatakan, himbauan dikeluarkan BMKG kepada masyarakat terutama bagi para operator kapal, nelayan dan masyarakat pengguna transportasi laut untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca saat ini.

"Kepada masyarakat Anambas yang melakukan aktivitas di laut, agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi saat ini, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, dan selalu memperhatikan himbauan-himbauan dari pihak terkait yang kompeten," ujarnya.

Dirinya juga menghimbau, selain potensi gelombang tinggi, cuaca ekstrem yang tidak menentu juga harus diwaspadai.

"Waspada juga terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucap Sirajul.

Perlu diketahui, BMKG Tarempa juga mengeluarkan perkiraan gelombang signifikan tanggal 01 s.d 07 Desember 2021, yang mana diperkirakan dalam 7 hari kedepan, gelombang di Perairan dan Laut sebelah barat Kalimantan Barat secara umum gelombang berkisar antara 1 sampai 7 Meter kategori tenang sampai ekstrem.

Pada Periode tanggal 13 Desember 2021, tinggi gelombang antara 1.25 2.5 meter (Kategori Sedang) berpeluang terjadi di Laut Natuna. 

Tinggi gelombang 2.5 - 4 meter (Kategori Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan selatan Kep. Anambas, Perairan utara Kep. Anambas, Perairan barat Kep. Natuna, Perairan selatan Natuna P. Midai, Perairan Subi - Serasan, dan Perairan Singkawang- Sambas bagian utara. 

Tinggi gelombang 4 - 6 m (Kategori Sangat Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan utara Kep. Natuna. 

Tinggi gelombang > 6.0 meter (Kategori Ekstrem) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.

Sementara itu, untuk periode tanggal 4 - 8 Desember 2021 tinggi gelombang berkisar antara 1,25 meter hingga 4 meter, dengan rincian sebagai berikut.

Tinggi gelombang antara 1.25 -2.5 meter (Kategori Sedang) berpeluang terjadi di Perairan Pontianak - Mempawah, Perairan Ketapang, Perairan Kendawangan, dan Perairan Kep. Karimata. 

Tinggi gelombang 2.5 4 meter (Kategori Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan selatan Kep. Anambas, Perairan utara Kep. Anambas, Perairan barat Kep. Natuna, Perairan selatan Natuna - P. Midai, Laut Natuna, dan Perairan Singkawang - Sambas.(Fjr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar