KaKemenag Bintan Himbau Pentingnya Setiap Ponpes Rutin Mutakhirkan Data EMIS

KBRN, Bintan: FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren) Kabupaten Bintan menggelar pertemuan bulanan. Pertemuan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se- Kabupaten Bintan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin didampingi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren), H. Rostam Efendi.

Pada pertemuan yang bertempat di Ponpes Al Idris Bintan Kelurahan Kawal tersebut, Kakankemenag Bintan, Erman, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pertemuan ini. Ia berharap pada pertemuan FKPP kedua ini akan melahirkan kemaslahatan untuk kemajuan Ponpes yang ada di Bintan.

Pada saat itu, selaku pimpinan Kemenag, Erman menekankan pentingnya setiap Ponpes untuk rutin memutakhirkan data EMIS (Education management information System). Menurutnya, semua hal yang berhubungan dengan administrasi saat ini sudah menggunakan aplikasi, sehingga dituntut untuk terus melakukan pemutakhiran/pengupdatean data secara mandiri dibantu oleh operator.

Update data pada aplikasi seperti EMIS sangat penting dan dibutuhkan agar Kemenag Pusat dapat memantau langsung Pesantren mana saja yang layak diberikan bantuan,” ucap Erman di hadapan peserta pertemuan yang terdiri dari 19 orang dari 10 Ponpes se- Kabupaten Bintan.

Erman juga menyampaikan tentang UU (Undang-Undang) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Ia berharap para Kyai dan pengasuh Ponpes dapat mempelajari UU tersebut dan menerapkannya di Ponpes masing-masing sebagai dasar kebihakan pendidikan dan pengajaran.

Sementara itu, Ketua FKPP Bintan, H. Suparman Manjan dalam pertemuan tersebut berharap dengan pertemuan ini semoga mendapatkan manfaat untuk saling bertukar informasi. “Pertemuan ini juga menjadi wadah untuk mencari jalan keluar bersama demi kualitas pendidikan keagamaan di Ponpes yang lebih baik,” ungkap Parman yang juga merupakan Pimpinan Ponpes Al Idris Bintan.

Dalam pertemuan itu diputuskan beberapa kesepakatan antara lain, FKPP akan didaftarkan ke Kemenkumham agar memiliki legalitas formal, dan FKPP berupaya mengoptimalkan perannya untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka pembangunan pendidikan. Selain itu diputuskan pula untuk pertemuan berikutnya akan dilaksanakan pada minggu ke- 2 setiap bulannya. Pertemuan ke- 3 FKPP nanti rencananya akan berlangsung pada Januari 2022 di Ponpes Al Hidayah Toapaya.

Memanfaatkan forum tersebut, Kasi PD-Pontren Kemenag Bintan, Rostam, menginformasikan bahwa dalam waktu dekat Kemenag Bintan akan menyelenggarakan kegiatan peringatan HAB (Hari Amal Bakti) ke- 76 Kementerian Agama. Ada beberapa kegiatan di bidang Kegamaan dan Kesenian Islam yang rencananya melombakan Qiroatul Kutub dan Tahfizul Qur’an 10 juz.

“Saya berharap seluruh pimpinan Pondok Pesantren dapat berpartisipasi pada kegiatan HAB ini. Perlombaan ini bertujuan untuk melatih kemampuan para santri sekaligus sebagai syiar agama. Selain itu saya harap Ponpes juga dapat membantu menyiarkan dan menjadi tuan rumah penyelenggaraannya,” harap Rostam. (Rel)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar