Tagana Lingga Latih Relawan Bencana Antisipasi Secara Dini

KBRN, Lingga : Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lingga berikan pelatihan kepada relawan bencana Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep.

Pelatihan digelar selama dua hari dengan pembekalan kepada para peserta agar peserta lebih siap secara diri dalam menanggulangi bencana secara dini.

Koordinator Wilayah Tagana Kabupaten Lingga Marjoni mengatakan, untuk kampung siaga bencana ini sudah terbentuk sejak 2013 lalu. 

Dikarenakan lama fakum dan kurang aktif sehingga di 2021 ini kembali diaktifkan guna mempersiapkan relawan jika terjadi bencana nantinya.

"Maka semaksimal mungkin kita berikan ilmu ini agar para relawan dapat mudah memahami dan mengerti jika dihadapkan pada kejadian," kata Marjoni, Jumat (3/12/2021)

Dijelaskan Marjoni, para relawan diberikan pelatihan dalam membangun dapur umum lapangan, selter, pengungsian dan evakuasi.

"Itu merupakan materi dasar yang kita berikan kepada para peserta sehingga mereka mudah memahami dan mengerti," ungkapnya

Menurut Marjoni, dilakukannya pelatihan tersebut dikarenakan Kelurahan Dabo Lama ini merupakan lokasi rawan banjir.

"Maka yang paling kita utamakan teknik evakuasi korban menggunakan perahu karet," ujarnya

Sebab, menurut Marjoni jika menunggu bantuan dari Kabupaten dikhawatirkan terlambat maka dengan pelatihan ini mereka memiliki kesiapsiagaan tersendiri.

"Jadi sebelum kita sampai mereka sudah bisa mengantisipasi secara dini," tuturnya (WN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar