20 Kasus HIV Aids di Lingga Sepanjang 2021

KBRN, LINGGA : Sepanjang tahun 2021, kasus hiv aids di Kabupaten Lingga berjumlah 20 kasus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lingga, Wirawan Trisna Putra.

Dijelaskan Wirawan bahwa dari 20 kasus HIV AIDS tersebut 14 diantaranya merupakan warga Kabupaten Lingga dan 6 merupakan rujukan dari kabupaten kota lain yang mendapat pengobatan di Lingga.

"Kita ada 20 orang penderita HIV AIDS di Kabupaten Lingga yang tengah dalam masa pengobatan," kata Wirawan, Rabu (1/12/2021)

Dijelaskan Wirawan bahwa saat ini Kabupaten Lingga memiliki 2 klinik bagi penderita HIV AIDS yakni di Puskesmas Dabo Lama dan RSUD Dabo Singkep.

"Namun kita berencana untuk melakukan penambahan klinik bagi penderita HIV AIDS yakni di RSUD Encik Mariam Daik Lingga," jelas Wirawan

Menurut Wirawan, untuk kasus HIV AIDS ini setelah penderita dinyatakan HIV maka seumur hidup akan menjadi pasien.

"Untuk kasus-kasus yang telah kita temukan otomatis akan terus bertambah setiap tahunnya," ungkapnya

"Sebab sejauh ini kita tidak memiliki obat, hanya saja kita memberikan antivirus untuk menekan janham sampai terjadi keburukam yang lebih para terhadap pasien HIV AIDS," tambahnya

Diakui Wirawan, untuk kasus HIV AIDS di Kabupaten Lingga tergolong paling rendah jika dibandingkan dengan kabupaten kota lain yang ada di Kepri.

"Namun kasus HIV AIDS ini seperti fenomena gunung es yang mana angka yang nampak hanya di puncaknya saja sedangkan didasarnya banyak yang tidak mengetahui," bebernya (Wan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar