Zainal Nahra Jembatani Pengukuhan DMI dan IPHI Kecamatan Toapaya Periode 2021-2026

KBRN, Bintan: Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, menjembatani terwujudnya pengukuhan DMI (Dewan Masjid Indonesia) dan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kecamatan Toapaya periode masa bakti 2021—2026. Pembahasan tersebut dibincangkan bersama Camat di Ruang Camat Toapaya, Senin (29/11/21).

Upaya pengukuhan kepengurusan DMI dan IPHI Kecamatan Toapaya ini sudah lama direncanakan oleh Kepala KUA, Zainal Nahra, dengan Camat Toapaya, Nepy Purwanto. Rencana Pengukuhan 2 organisasi keagamaan ini selalu tertunda tunda di karenakan wabah Covid-19 yang belum kunjung berakhir.

“Rencana pengukuhan ini menurut perkiraan bisa dilaksanakan tetapi terkendala wabah Covid-19 belum melandai. Syukur alhamdulillah pada saat ini pandemi di wilayah Provinsi Kepulauan Riau mengalami penurunan, di Kecamatan Toapaya secara khususnya,” terang Zainal secara terpisah kepada Humas.

Zainal berujar, rapat rencana Pengukuhan DMI dan DMI Kecamatan Toapaya kali ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraannya dengan Camat Toapaya beberapa waktu yang lalu. Yakni, ketika dirinya menghadiri silaturahmi dengan Tokoh Agama dan tokoh masyarakat, imam masjid, dan Majelis Taklim di Aula Kantor Camat Toapaya.

Rapat ini juga menghadirkan ketua DMI Kecamatan Toapaya terpilih, Khalid, Ketua IPHI Kecamatan Toapaya terpilih, H.Jhoniswan, dan Sekretaris Dewan Masjid Kecamatan Toapaya, Amat  Daim. Rapat berjalan dengan lancar membicarakan teknis pengukuhan seperti tata tertib acara, pakaian, serta rangkaian kegiatan Majelis Taklim Permata yang ada di Kecamatan Toapaya .

Menurut penuturan Zainal, Camat Toapaya sangat mendukung kegiatan yang direncanakannya ini,  dan menyatakan siap membantu memfasilitasi tempat dan akomodasi. Ketua IPHI dan DMI Kecamatan Toapaya juga tampak senang karena pengukuhan kepengurusan mereka akan terlaksana setelah menanti kepastian yang belum jelas.

“Rapat berjalan dengan lancar, setelah ini tinggal menetapkan tanggal dan lokasinya. Semoga dalam waktu dekat dapat segera terlaksana. Ini adalah bentuk sinergi Kepala KUA selaku ujung tombak Kementerian Agama di Kecamatan untuk merangkul dan memberi dukungan terbentuknya iklim keagamaan yang baik melalui organisasi keagamaan Islam di wilayah kecamatan,” ungkapnya. (ril/rn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar