Peningkatan Teknologi di Kota Tanjungpinang di 3 Tahun Kepemimpinan Walikota Rahma

KBRN, Tanjungpinang : Selama kurun waktu 2020 pengembangan teknologi informasi dan komunikasi terus ditingkatkan untuk mewujudkan Tanjungpinang sebagai Kota Pintar (Smart City).

“Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai leading sector telah melaksanakan program Gerakan Tanjungpinang Menuju 100 Smart City, program ini pun menghasilkan Masterplan dan Quick Win Smart City melalui progress 3 (tiga) quckwin di tahun 2019 yakni kepariwisataan, kesehatan, dan integrasi data.” Ujar Rahma.

Di tahun 2021, pengembangan teknologi informasi dilakukan dengan peningkatan penyediaan dan pengelolaan teknologi informatika melalui pembuatan Tanjungpinang Command Center meliputi penyediaan CCTV dan tampilannya menggunakan NVR, pembangunan publik Hotspot sebanyak 10 titik lokasi yang diperuntukkan untuk masyarakat Kota Tanjungpinang, yang berada di titik lokasi Taman Kota dan fasilitas perumahan yang sudah berjalan 60%.

“Tidak hanya itu, melalui pengelola informasi dan dokumentasi, peliputan, penyedia, pengelolaan, dan penyebaran informasi publik, serta fasilitasi video conferance, memaksimalkan komunikasi informasi melalui penggunaan website dan jejaring media sosial tentang penyampaian informasi program, kebijakan, serta kegiatan pemerintah, baik yang sudah, yang sedang, dan akan dilaksanakan pemerintah kota Tanjungpinang,” tambah Rahma lagi.

Alhasil, kerja keras Syahrul-Rahma dan jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Exhibtion, Evaluation & President Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pelayanan perizinan kepada masyarakat pun menjadi fokus pemerintahan Syahrul-Rahma. Beberapa pencapaian dilakukan yaitu, pengembangan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan dengan system online (OSS, Sicantik Cloud dan SIMBG), penerapkan e-Signiture dengan brand SEKEJAP (Sistem Eletronik e–Signature Tanjungpinang), hingga memberikan kemudahan dalam pembayaran retribusi IMB/PBG secara nontunai melalui QRIS dengan sistem scan barcode yang tersedia di Smartphone berbasis Android. (Rilis/Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00