Peringatan Hari Otonom ke-20 Kota Tanjungpinang

KBRN, Tanjungpinang : Pemerintah Kota (pemko) Tanjungpinang menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Otonom Tanjungpinang, di halaman kantor walikota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (17/10/2021).

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan peringatan 20 tahun kota otonom ini merupakan tahun kedua sejak 2020 dihadapkan pada kondisi pandemi covid-19. Tentu, ini menjadi tantangan bagi kita untuk tetap memberikan perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang sekaligus tetap melaksanakan pembangunan daerah.

“Semoga peringatan hari jadi kota otonom ini menjadi momentum evaluasi sekaligus pengingat sejauh mana pembangunan dan penyelenggaraan otonomi daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat kota Tanjungpinang,” kata Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Otonom Tanjungpinang.

Rahma mengatakan, momentum 20 tahun kota otonom Tanjungpinan ini sejalan dengan tiga tahun kepemimpinan yang sedari awal telah dijalankan oleh Almarhum Syahrul bersama saya. Dan tahun ini, saya bersama Wakil Wali Kota Endang Abdullah siap meneruskan amanah sebagai wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang yang akan terus mendedikasikan diri untuk membangun kota Tanjungpinang sesuai dengan apa yang telah kita cita-citakan.

Dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan selama 20 tahun terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang, sudah banyak perubahan dan berbagai pencapaian seperti dalam bidang pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, hingga tata kelola pemerintahan.

Untuk penanganan covid-19, Rahma menilai, sejauh ini kota Tanjungpinang terbilang sudah berhasil dari ditetapkannya status darurat, PPKM level 4 dan level 3, dan kini pada 4 Oktober 2021 sesuai Inmendagri nomor 48 tahun 2021, Tanjungpinang turun ke PPKM level 1.

“Ini berkat kerja keras dan sinergitas bersama TNI, Polri, tenaga Kesehatan, dan seluruh elemen masyarakat yang telah berjibaku mengatasi penanganan pandemi covid19 ini,” ucapnya.

Disamping itu, beberapa prestasi di tingkat regional maupun nasional mampu diraih pemerintah, diantaranya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) tujuh kali berturut-turut dari BPK RI dan predikat penilaian BB (baik) atas hasil evaluasi terhadap sistem akuntabilitas kinerja pemerintahan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Lalu, Kota Layak Anak tingkat Madya, Kota Layak Pemuda, Anugerah Indonesia 2019 sebagai wisata halal unggulan dan terpopuler peringkat ketiga, Swasti Saba Wiwerda, Dafa Award Forum Anak Terbaik, penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama, pencapaian daya saing daerah dengan kategori tinggi atas hasil pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD), hingga pencapaian response rate Sensus Penduduk Online 2020 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

“Sederet penghargaan ini adalah cambuk bagi kita semua agar bekerja lebih optimal untuk menjadikan kota Tanjungpinang semakin maju dan sejahtera,” ucap Rahma.

Pada kesemapatan ini, Rahma menyampaikan apresiasi kepada pemimpin sebelumnya, Hj. Suryatati A. Manan, Edward Mushalli, Lis Darmansyah, Raja Ariza, Almarhum Syahrul, Almarhum Wan Izhar, maupun yang telah purna bakti serta seluruh anggota DPRD periode saat ini dan sebelumnya, yang telah banyak menyumbang perubahan untuk kota Tanjungpinang.

“Semoga Allah meridhoi niat dan usaha kita semua untuk memberikan bimbingan dalam melaksanakan peran dan tugas kita masing-masing demi kemajuan kota Tanjungpinang,” tutupnya. (Rilis/YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00