Tiga Tahun Berjalan, Capaian Sasaran Pembangunan RPJMD Tanjungpinang baru 64,7%

KBRN, Tanjungpinang : Dalam rapat paripurna DPRD sempena Hari Otonom Kota Tanjungpinang yang ke-20, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma memaparkan sejumlah pencapaian pembangunan tiga tahun terakhir periode 2018-2023, masa kepemimpinan Almarhum Syahrul-Rahma, dilanjutkan Rahma Endang, baik dalam bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, pariwisata, dan penanganan dan percepatan vaksinasi covid-19.

Rahma menyebut, selama kurun waktu 2018-2021, tercatat dari 8 indikator tujuan pembangunan RPJMD, sebanyak 4 indikator telah mencapai target 2020, hal ini menunjukkan pencapaian target indikator tujuan pembangunan RPJMD tahun 2018-2023 baru mencapai sebesar 50%.

Sementara, pencapaian sasaran pembangunan RPJMD kota tanjungpinang 2018-2023, tercatat dari 34 indikator sasaran pembangunan RPJMD, sebanyak 22 indikator telah mencapai target pada tahun 2020, hal ini menunjukkan pencapaian target indikator sasaran pembangunan RPJMD baru mencapai sebesar 64,7%.

Meskipun beberapa indikator pada RPJMD kita telah tercapai. Namun, dikarenakan dampak dari pandemi covid 19 juga terdapat beberapa indikator dan target capaian yang perlu revisi dan disesuaikan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 90 tahun 2019 yang di mutakhirkan dengan Kepmendagri nomor 050 tahun 2020.

Peraturan ini diterbitkan untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah sehingga berimplikasi pada penyesuaian program dan kegiatan di perencanaan, serta pengelolaan keuangan daerah.

“Harapannya, bapak/ibu pimpinan dan anggota DPRD dapat mendukung untuk bersama-sama menyukseskan tahapan revisi RPJMD dan penetapan regulasi terhadap perubahan tersebut,” ucap Rahma.

Rahma pun mengajak seluruh komponen pembangunan di kota Tanjungpinang, khususnya yang hadir pada saat ini, untuk menjadikan 20 tahun kota otonom Tanjungpinang ini sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang telah dan akan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

”Hal ini memang tidak mudah untuk diwujudkan, akan tetapi dengan dilandasi rasa memiliki, komitmen yang sungguh-sungguh dan semangat kebersamaan membangun kota Tanjungpinang, Insya Allah secara bertahap dapat kita wujudkan,” tutupnya. (Rilis/YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00