Bintan Bebas Dari Sebaran Penyakit Hama Hewan

KBRN, Bintan: Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan Khairul mengatakan, Bintan dipastikan bebas dari sebaran penyakit hama pada hewan.

“Pencapaian tersebut tak lepas dari kerja keras pemerintah yang selalu turun kelapangan untuk melakukan pengawasan terhadap hewan-hewan yang masuk ke Kabupaten Bintan,” ucap Khairul Senin (18/10/2021).

Tak hanya itu, dilakukan juga pemberian edukasi kepada para peternak hewan yang ada di Kabupaten Bintan untuk mengantisipasi hal tersebut. Selain itu, monitoring dan evaluasi yang senantiasa dilakukan oleh Balai Karantina kelas IIA Tanjungpinang juga turut andil dalam melakukan pengawasan tersbut.

“Apalagi kondisi Bintan yang merupakan destinasi wisata internasional dinilai riskan membuat pemerintah harus ekstra melakukan pengawasan terhadap penyakit hama terhadap ternak-ternak hewan yang ada di Kabupaten Bintan,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan dokter hewan Wisnu Wasisa Putra selaku Kepala pusat karantina hewan dan keamanan hayati hewani mengatakan dalam seminar hasil pemantauan daerah sebar hama penyakit hewan karantina tahun 2021 sebagai upaya untuk  meningkatkan dan melakukan pengawasan serta penanggulangan hewan kiriman,  pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah setempat agar pengawasan hewan kiriman dari luar daerah ini benar-benar terjamin dan tidak terkontaminasi dari penyakit hama.

Setiap produk hewan  serta media pembawa yang masuk ke wilayah tentunya harus dijamin keamanan dan kesehatannya. (rn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00