Kemenag Bintan Lakukan Persiapan Jelang Hari Santri Nasional

KBRN, Bintan: Pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Bintan rencananya akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bintan pada tanggal 22 Oktober 2021. Hal ini diketahui berdasarkan hasil rapat persiapan yang digelar di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Jumat (15/10/21).

Dalam arahannya, Kartini mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rapat yang hadir. Menurutnya, rapat koordinasi ini dilakukan tidak hanya membicarakan mengenai upacara peringatan Hari Santri, tetapi juga membahas kegiatan yang akan dilaksanakan setelah upacara yakni kegiatan istighasah dan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. tingkat Kabupaten Bintan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan sangat mendukung kegiatan Hari Santri ini. Pemerintah dan Pondok Pesantren itu harus selalu bersinergi dalam membangun perkembangan daerah.” ungkap Kartini.

Kartini juga meminta kepada seluruh dinas terkait untuk ikut terlibat dalam menyukseskan kegiatan peringatan HSN. 

“Kami akan memfasilitasi seluruh pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021,” terang Kartini.

Sementara itu, Kakankemenag Bintan, Erman Zaruddin, dalam paparannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan upacara Hari Santri Nasional tahun 2021 ini. 

Untuk itu, Erman meminta kepada seluruh santri yang ada di Kabupaten Bintan agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membangun perkembangan daerah dengan tetap menonjolkan nilai-nilai karakter seorang santri.

“tema Hari Santri Nasional tahun 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa Raga. Ini menunjukkan bahwa seorang santri akan selalu siap menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air dan berkomitmen untuk tetap santun, rendah hati, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin,” ucap Erman.

Untuk menyosialisasikan kegiatan HSN ini, Erman meminta kepada FKPP Bintan untuk terus menyosialisasikan seluruh kegiatan kepada masyarakat, baik melalui media elektronik maupun spanduk dan baliho.

Sementara itu, Kasi PDPP Kemenag Bintan, Rostam Efendi, selaku penanggung jawab kegiatan HSN dalam laporannya menyebutkan peserta yang akan hadir pada upacara HSN nanti diperkirakan berjumlah 200 peserta. 

Mereka berasal dari perwakilan pondok pesantren se- Kabupaten Bintan, ormas, dan organisasi Islam serta pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah dan Kemenag Bintan.

“Kita akan minta setiap pondok pesantren mengirimkan 10 santri dan 2 ustaz untuk hadir pada upacara nanti. Lalu ormas dan organisasi Islam seperti NU, Muhammadiyah, Ansor, Banser, LAM dan lainnya juga akan kita undang untuk mengikuti upacara tersebut,” papar Rostam.

Upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 ini nantinya akan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bintan pada hari Jumat tanggal 22 Oktober 2021. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Zikir dan Doa serta peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. tingkat Kabupaten Bintan” tambahnya.

“Ini gambaran awal untuk pelaksanaan peringatan HSN Tahun 2021 di Kabupaten Bintan. Nantinya dapat berkembang ke depannya menyesuaikan aturan-aturan yang berlaku,”jelasnya.

Selanjutnya, sebelum menutup rapat, Asisten III Administrasi Umum, Kartini, meminta kepada seluruh Kepala Dinas dan Pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemda Bintan untuk turut andil dalam melaksanakan upacara HSN, baik semasa persiapan maupun saat pelaksanaan nanti. 

“Saya harap semua nantinya terlibat dalam agenda ini. Mulai dari upacara hari santri, kemudian istigasah dan peringatan maulid nabi Muhammad Saw. akan dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021,” harap Kartini.

“Daerah kita sudah level I, artinya pemerintah sudah memperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan dengan kapasitas yang ramai. Namun, selama pelaksanaan kegiatan kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan tetap tidak saling berjabat tangan,” pinta Kartini. (rn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00